Final Law Debate Competition 2020 Himakum Universitas Nusa Putra, Ini Juaranya!

Minggu 12 Januari 2020, 07:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Final Law Debate Competition (LDC) 2020 Himpunan Mahasiswa Hukum (Himakum) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi digelar di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Sabtu (11/1/2020).

LDC merupakan acara tahunan Himakum NPU Sukabumi. Pada tahun ini, LDC di ikuti oleh 24 tim perwakilan dari 12 Program Studi (Prodi) dan masing-masing tim terdiri dari tiga orang mahasiswa. Tema yang diangkat di LDC tahun kedua ini 'Mewujudkan mahasiswa yang cerdas, kritis dan berkarakter'.

BACA JUGA: DKV Universitas Nusa Putra Nobar dan Bedah Film Atas Nama Percaya

Di final LDC hari ini, empat tim akan bertemu untuk memperebutkan piala bergilir Rektor NPU Sukabumi dan calon utusan kompetisi debat mahasiswa tingkat Kopertis IV Jawa Barat-Banten. Selain itu, juara satu sampai tiga juga akan mendapatkan hadiah uang dan piagam perhargaan.

Sehari sebelumnya, Jumat (10/1/2020) sebanyak 24 tim beradu kemampuan di babak penyisihan yang diselenggarakan di kampus NPU Sukabumi. Hasilnya, tim Prodi Teknik Elektro akan bertemu Prodi Hukum untuk memperebutkan juara kesatu, sedangkan juara ketiga akan diperebutkan oleh Prodi Akutansi dan Prodi Teknik Mesin.

BACA JUGA: Juara, DKV Universitas Nusa Putra Sukabumi Satu-satunya PT Swasta Jawa Barat di PSMN XIV Yogyakarta

Menurut ketua pelaksana LDC, Bobi Graha Dinansyah, meskipun bernama Law Debate Competition atau kompetisi debat hukum, namun materi debat meliputi isu ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, pertahanan, keamanan dan hukum (Ipoleksosbudhankam).

"Tujuannya untuk mencetak mahasiswa yang cerdas, kritis dan berkarakter, karena dengan LDC kita bisa melihat mana mahasiswa yang mampu melihat suatu peristiwa dari berbagai sudut pandang," terang Bobi kepada sukabumiupdate.com sebelum acara.

BACA JUGA: PMB Universitas Nusa Putra 2020/2021 Gelombang I Dibuka, Cek Infonya!

Pada kesempatan yang sama, pembina kegiatan LDC, CSA Teddy Lesmana menjelaskan, acara ini merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan untuk membentuk soft skill mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu berpikir logis dan kritis.

Mengenai sistem penilaian, dijelaskan Teddy, setiap tim dinilai dari empat aspek, tiga aspek diambil dari perorangan, dan satu aspek dari kelompok. Dari aspek individu, lanjut Teddy, pertama dari argumentasi yang disampaikannya, lalu metode atau gaya menyerang lawan dalam debat dan yang ketiga gaya personal dalam menyampaikan argumentasi. 

BACA JUGA: Antik Jurnalis Nuansa Universitas Nusa Putra Hadirkan Praktisi Media Massa di Sukabumi

"Nah, yang terakhir tentu dinilai dari kekompakan anggota tim antara satu sama lainnya,” ujar Sekretaris Prodi Hukum NPU Sukabumi ini.

Acara final LDC dibuka langsung oleh Rektor NPU Sukabumi, Dr. Kurniawan, ST.,M.Si.,MM, hadir dalam acara, perwakilan dari Polres Sukabumi Kota, ketua Peradi DPC Sukabumi, para wakil rektor, ketua Prodi Hukum, para dosen, BEM, Himpunan mahasiswa dan undangan lainnya. 

BACA JUGA: 106 Mahasiswa Universitas Nusa Putra Terima Bidikmisi dan PPA

Dalam sambutannya dipembukaan, Kurniawan memberi apresiasi kepada Prodi Hukum dan Himakum atas acara LDC kedua ini. Selanjutnya, dia mengatakan yang dibutuhkan generasi saat ini adalah membangun soft skill, salah satunya melalui LDC ini. "Saya sering melihat narasi-narasi dalam debat publik, yang terkadang tidak dibarengi ilmu pengetahuan, dan hanya ingin membangun popularitas saja," kata Kurniawan.

Menurut Kurniawan, seorang debater dalam menyampaikan ide atau gagasannya harus memakai nalar yang berdasarkan ilmu pengetahuan. Karena itu ia berpesan kepada para aktivias kampus NPU Sukabumi, jangan hanya teriak, tetapi baca terus literasinya sehingga debat bisa argumentatif. 

BACA JUGA: Penerima Program Beasiswa 1.000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra Diperkenalkan UKK

"Saya bangga dengan aktivis mahasiswa, jadilah aktivis yang memiliki intelektual, sehingga kata-katanya bisa mempengaruhi audiens dan kebijakan pubulik. Di acara ini seharusnya aktivis bisa ikut berlomba, sehingga nanti, ketika debat diluar sana, argumennya akan dinilai berbobot," papar Kurniawan

Selanjutnya, Kurniawan juga mendukung diadakannya kompetisi debat antar SMA sederajat se Jawa Barat, sebagai tindak lanjut acara LDC. "Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, acara ini saya nyatakan dibuka," kata Kurniawan yang dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda acara telah dibuka dilanjutkan pemotongan tumpeng.

BACA JUGA: Hadapi Industri 4.0 Universitas Nusa Putra dan Kementerian PUPR Gelar Seminar Teknik Sipil

Acara berlangsung meriah, selain karena panasnya suasana debat juga ditambah sorakan pendukungnya. Acara juga dimeriahkan oleh stand up comedy, pembacaan puisi, pemutaran video dokumenter dan hiburan lainnya. Adapun pengumuman pemenang jadi salah satu momen menengangkan yang ditunggu-tunggu semua peserta.

Hasil akhir final LDC, berdasarkan penilain tim juri, tim Prodi hukum keluar sebagai juara kesatu, dan Prodi teknik elektro harus puas menjadi juara kedua. Sedangkan diperebutan tempat ketiga, tim Prodi mesin berhasilnya memenangkannya, hasil itu menempatkan lawannya, tim Prodi Akuntansi sebagai juara keempat.  

BACA JUGA: Mahasiswa DKV Universitas Nusa Putra Kembangkan Kompetensi Lewat Fieldwork

Atas hasil itu, juara kesatu mendapatkan tropy bergilir Rektor NPU Sukabumi dan uang Rp 1 juta, juara kedua mendapatkan uang Rp750 ribu, sedangkan juara ketiga mendapatkan uang R 500 ribu. Selain tropi dan hadiah uang, semua tim peserta final mendapatkan piagam penghargaan. 

Neng Rani Nabawiyah, anggota tim Prodi Hukum mengungkapkan dirinya tidak banyak melakukan persiapan secara personal. Menurutnya, karena ini bentuknya tim dia bersama dua rekannya lebih banyak memperkuat tim untuk membangun kekompakan. "Yang paling penting lagi, sama-sama menghilangkan ego," ujar mahasiswa angkatan 2019 ini.

BACA JUGA: Kampanye Publik Pendidikan Inklusif Ala HKI dan Hima PGSD Universitas Nusa Putra

"Lega rasanya setelah jadi juara, soalnya kan sebelum pertandingan segala macam nggak enak, aslian, makan aja gak enak, soalnya pertandingan ini membawa nama himpunan juga membawa nama Prodi hukum. Jadi bener-bener lega dan bahagia banget," tandas Neng Rani.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi