Light Dark

70 Persen Alumni SMA Doa Bangsa Sukabumi Lanjut ke Perguruan Tinggi, Pejabat Polri Beri Apresiasi

News | 22 Mar 2020, 03:32 WIB
Foto bersama para guru, kepala sekolah, pengurus yayasan serta Ketua umum FKDB sekaligus pembina yayasan SMA Doa Bangsa A Zaki bersama para pejabat Polri, Sabtu (21/3/2020). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - SMA Doa Bangsa di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mendapat apresasi dari pejabat Polri, karena sebanyak 70 persen alumni SMA Doa Bangsa mengetahui melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen. Pol. Drs. Tajuddin, M.H. bersama Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Drs. Suroso Miharjo, M.M. dan Kasubdit Binpolmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Iwan Setiawan pada Sabtu (21/3/2020) berkunjung ke SMA Doa Bangsa.

BACA JUGA: LKBB GRADASI II SMA Doa Bangsa Cibadak Sukabumi, Cek Waktunya!

Para Pejabat Polri ini diterima Kepala Sekolah Ridwan Maulana Yusuf, M.Pd, Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa Bapak Abdul Hamid, Bendahara Yayasan Bapak Opi dan Pembina Yayasan Bapak H. A. Zaki, S.E.

 

Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) sekaligus Pembina Yayasan SMA Doa Bangsa, A. Zaki mengatakan dalam pertemuan tersebut, dirinya menceritakan perjalanan dan perkembangan SMA Doa Bangsa dari sejak berdiri pada tahun 2016 hingga saat ini. 

BACA JUGA: Kualitas Pendidikan Meningkat, The Japan Foundation Jakarta Kunjungi SMA Doa Bangsa

"Di sekolah ini, para Pejabat Polri diajak keliling melihat beberapa fasilitas sekolah yang tersedia mulai lantai 1 hingga ke lantai 2, dan mencicipi jamuan makanan khas Sukabumi seperti ubi rebus, pisang rebus dan jagung rebus," ujar Zaki kepada sukabumiupdate.com, Minggu (22/3/2020).

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, kini SMA Doa Bangsa sudah terakreditasi A. Zaki menuturkan, hampir 70 persen alumni dari sekolahnya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Diantaranya, sebanyak 45 persen masuk ke Perguruan Tinggi negeri dan 25 persen lainnya ke swasta.

BACA JUGA: Siswa SMA Doa Bangsa Lolos Ikuti LCC Hukum dan HAM Tingkat Nasional

"Sekolah ini juga berhasil mendapatkan 51 prestasi ditingkat nasional, 42 prestasi ditingkat provinsi, 24 prestasi di tingkat DKI, Jabar, Banten dan 49 prestasi di tingkat kota dan kabupaten Sukabumi," terangnya.

Menanggapi paparan tersebut, Brigjen Pol Tajuddin selaku Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri sangat mengapresiasi atas pencapaian sekolah ini, dengan umurnya yang baru 3 tahun dan sudah bisa menyandang akreditasi A. 

BACA JUGA: SMA Doa Bangsa Sukabumi Sabet Juara Umum di Event Albacadabra 2019

"Suatu hal yang luar biasa dengan lulusannya yang 70 persen masuk ke jenjang perguruan tinggi, yang 45 persennya masuk Perguruan Tinggi negeri itu sangat luar biasa," terangnya.

Tajuddin menyampaikan arahan kepada jajaran pengurus sekolah dan pengurus yayasan. Diantaranya agar sekolah terus diarahkan kepada peningkatan kualitas terlebih dahulu, dengan begitu kuantitas akan mengikuti secara beriringan. Dan kedisiplinan menjadi salah satu kunci sukses dalam meningkatkan mutu pendidikan.

BACA JUGA: Sepak Terjang Siswa SMA Doa Bangsa Sukses di Ajang MOKA Kabupaten Sukabumi 2019

Menurut Tajuddin, sekolah harus dapat mengakomodir setiap kemampuan yang dimiliki oleh para siswanya. Sedangkan untuk para siswanya sendiri di era digital ini harus memiliki kemampuan dalam penguasaan teknologi dan informasi seperti hardware dan software, penguasaan Bahasa asing terutama Bahasa Inggris.

Dan tenaga pendidiknya pun harus waspada terhadap permasalahan yang terjadi di lingkup regional, nasional dan internasional yang meliputi radikalisme, narkotika, pengaruh negatif penggunaan media sosial, SARA, hoaks, separatisme dan lain-lain.

BACA JUGA: Tekad Siswa Doa Bangsa Pimpin Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Sukabumi

"Berkaca pada kegiatan susur sungai di SMPN 1 Turi, Sleman yang menewaskan 10 pelajar. Satuan Pendidikan diarahkan untuk melaksanakan kerjasama dalam pembinaan Generasi Muda meliputi Bin Puan organisasi kemasyarakatan, pramuka saka bhayangkara, pembentukan duta kamtibmas, duta laka lantas, duta anti narkoba dan duta lingkungan, pengkaderan taruna akpol dan bintara dan pembentukan patroli keamanan sekolah (PKS)," tandasnya

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter