Serah Terima Mahasiswa, KKN Universitas Nusa Putra Sukabumi TA 2019-2020 Resmi Dimulai

Selasa 10 Maret 2020, 02:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra Sukabumi secara resmi menyerahkan 448 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) kepada pihak pemerintah Kecamatan Purabaya dan Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

Penyerahan mahasiswa KKN ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Purabaya dan Kecamatan Sagaranten pada Senin (9/3/2020). Penyerahan ini sekaligus menandai dimulainya KKN Tahun Akademik (TA) 2019-2020 yang akan dilaksanakan sampai tanggal 31 Maret 2020 nanti.

BACA JUGA: KKN Tahun 2020, Universitas Nusa Putra Fokus Kembangkan Potensi Desa Wisata

Di Kecamatan Purabaya, penyerahan peserta KKN dilakukan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nusa Putra, Anggy Pradiftha Junfithrana, dan diterima Sekretaris Kecamatan Purabaya. Hadir dalam acara serah terima ini, Ketua pelaksana KKN, Teddy Lesmana dan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN

Dalam sambutannya Teddy Lesmana menjelaskan, jumlah peserta KKN di Kecamatan Purabaya sebanyak 176 mahasiswa, dibagi dalam tujuh kelompok yang akan melaksanakan KKN di tujuh desa yaitu Desa Cicukang, Cimerang, Citamiang, Margaluyu, Neglasari, Pagelaran dan Desa Purabaya. 

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Nusa Putra Sukabumi Selesaikan Program KKN di Jampang Tengah

"Kepada pemerintahan yang ada di Kecamatan Purabaya, kami mohon izin menempatkan mahasiswa-mahasiswi kami di sini. Mohon bimbingan dan arahannya, mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan dari KKN ini dapat tercapai," imbuhnya.

Sedangkan yang melaksanakan KKN di Kecamatan Sagaraten berjumlah 272 mahasiswa. Mereka dibagi dalam delapan kelompok KKN di delapan desa meliputi Desa Puncak Manggis, Hegarmanah, Pasanggrahan, Cibitung, Margaluyu, Cibaregbeg, Gunung Bentang dan Desa Sagaranten. "Jadi satu desa satu kelompok KKN," kata Teddy.

Peserta KKN, para dosen dan pihak pemerintah Kecamatan Sagaranten berfoto bersama setelah acara penyerahan peserta di Kantor Kecamatan Sagaranten.

BACA JUGA: Mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra Sukabumi Bantu Pemetaan Wisata Curug Panumbangan

Untuk tema KKN Tahun Akademik (TA) 2019-2020 yaitu 'Meningkatkan Kulitas Sumber Daya Manusia di Pedesaan dalam Menyongsong Era Industri.4.0'.

Tema ini, kata Teddy telah selaras dengan visi besar Universitas Nusa Putra yang ingin melahirkan SDM unggul yang bisa berperan di kancah nasional dan internasional. Selaras juga dengan visi Presiden Joko Widodo saat ini serta visi dan program daerah Kabupaten Sukabumi. "Pembangunan saat ini di fokuskan kepada pembangunan SDM," ujar Teddy.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Resmi Tutup KKN Mahasiswa 2018

Mewakili Universitas Nusa Putra, Anggy Pradiftha Junfithrana menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kecamatan Purabaya atas sambutan dan penerimaannya. "Nyanggakeun (kami serahkan), mahasiswa-mahasiswi kami untuk bisa melaksanakan KKN di Kecamatan Purabaya ini," kata Anggy dalam sambutannya sebelum serah terima.

Anggy berharap kehadiran mahasiswanya ini bisa membantu mengatasi permasalahan di desa, maupun memberikan upaya lebih terhadap pembangunan desa. "Mangga (silahkan) bu Sekmat, mahasiswa peserta KKN ini bisa di kerahkan untuk membantu pengembangan desa di Kecamatan Purabaya." kata wakil Rektor I Bidang Akademik ini.

BACA JUGA: Ratusan Mahasiswa KKN NPU Sukabumi Bawa Berbagai Program ke Desa

Lebih lanjut Anggy menerangkan, setiap kelompok KKN nantinya akan di bimbing oleh satu orang DPL. Karena menurutnya, para dosen juga memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kepada para DPL dan pihak Kecamatan Purabaya, Anggy juga meminta untuk tidak segan-segan menegur peserta KKN jika melanggar norma dan aturan. Dan kepada peserta KKN dirinya berpesan agar bisa menjaga etika selama KKN, serta fokus kepada program kerja yang akan dilaksanakan dalam rentang waktu KKN yang tidak lama ini.

BACA JUGA: Serentak, 43 Kecamatan Laksanakan Seleksi Masuk Universitas Nusa Putra Jalur Beasiswa Bupati

"Bekerja untuk masayarakat, saling membahu-membahu serta bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua," tandasnya.

Mewakili Camat Purabaya, Sekmat Purabaya, Ema Maria Koesuma Wardani menyampaikan ucapan selamat datang kepada semuanya. Pihaknya merasa bangga dan bahagia karena, untuk pertama kalinya Universitas Nusa Putra bisa KKN di Kecamatan Purabaya. 

BACA JUGA: Ini Daftar Peserta Seleksi Beasiswa Bupati Sukabumi Tahun 2020 di Universitas Nusa Putra

"Kami terima dengan senang hati, mudah-mudahan ilmu yang adik-adik miliki bisa di aplikasikan dalam KKN ini," kata Ema disambut tepung tangan seluruh yang hadir.

Saat ini lanjut Ema, setiap kecamatan dan desa dituntut untuk maju dari sisi Teknologi Informasi (TI) dan non TI, juga melakukan inovasi-inovasi terbaru. Selanjutnya untuk program kerja KNN yang berkaitan dengan kemasyarakatan desa, Ema menyarankan agar bisa menyesuaikan waktunya. 

BACA JUGA: Tradisi Penyambutan Remaja Menwa Universitas Nusa Putra

"Kalau mau bicara dengan lembaga desa atau sekolah, pagi-pagi pasti ada. Tapi, kalau mau berhubungan dengan masyarakat atau tokoh masyarakat waktunya harus di atur, biasanya adanya setelah ashar atau setelah magrib," terangnya.

"Saya juga pesan ke adik-adik, soal kebiasaan atau adat istiadat disini, meskipun mayoritas orang Sunda, tapi antar daerah (Sunda) itu kadang berbeda-beda, jadi kita harus menyesuaikan dengan kondisi di masing-masing desa yah," imbuhnya.

BACA JUGA: Internship di Universitas Nusa Putra, Ini Cara Laila Beradaptasi dengan Budaya Sukabumi

Acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat program kerja KKN oleh perwakilan DPL, Dede Permana. Setelahnya, dilakukan serah terima secara simbolis mahasiswa KKN yang ditandai penyerahan jaket KKN dari Universitas Nusa Putra kepada pihak Kecamatan Purabaya.

Secara bersamaan, di kantor Kecamatan Sagaranten, dilakukan serah terima 272 peserta KKN dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan kepada Camat Sagaranten. Mewakili Camat Sagaranten, Sekmat Sagaranten, Herman berharap kedatangan mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra dapat menambah wawasan masyarakat dan pemerintah desa di setiap lokasi KKN

BACA JUGA: Perdalam Bisnis Startup Teknologi Informasi, HMSI Universitas Nusa Putra Kunjungi DDS Telkom

Karena dengan hadirnya mahasiswa di tengah-tengah masyarakat, menurut Herman pasti ada masukan-masukan dari mahasiswa. "Sehingga kehadiran mahasiswa KKN ini bisa menjadi motivasi buat masyarakat dan desa ," kata Herman di ruang kerjanya setalah acara serah terima.

Diberitakan sebelumnya,  KKN Universitas Nusa Putra akan dilaksanakan di Kecamatan Cikakak dan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Namun, karena adanya peringatan gempa hingga 8,7 Magnitudo dari zona megathrust di laut selatan Sukabumi yang di release BMKG, akhirnya lokasi KKN dialihkan ke Kecamatan Purabaya dan Sagaranten. 

BACA JUGA: Dosen Visitor Universitas Nusa Putra Prof Dr Gerard Borg Ajak Riset Bersama

"Setelah peringatan itu, terjadi gempa-gempa dalam skala kecil, karena itu kami putuskan lokasinya pindah," tandas Teddy Lesmana mengkonfirmasi perubahan lokasi KKN Universitas Nusa Putra.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay