Jembatan Cipamarangan Surade Sukabumi Diresmikan, Warga Tak Lagi Andalkan Rakit

Selasa 25 Agustus 2020, 01:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan Jembatan Cipamarangan di Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Senin (24/8/2020). Jembatan sepanjang 30 meter dengan lebar 3 meter tersebut menghubungkan Desa Buniwangi dan Cipeundeuy, Kecamatan Surade

Marwan mengapresiasi Kecamatan Surade yang menggunakan anggaran Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) untuk peningkatan infrastruktur. Seperti halnya pembangunan Jembatan Cipamarangan. 

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Sukabumi Ini Rusak Parah

"Semangat Plt Camat Surade harus diapresiasi. P3K ini hadir untuk menjawab permasalahan infrastruktur yang ada desa," ujarnya. 

Selain menjadi akses penghubung antar desa, jembatan juga bisa mengungkit ekonomi, kesehatan, dan pendidikan masyarakat. "Jembatan ini, merupakan pemberdayaan positif terhadap ekonomi, sosial. Terpenting masyarakat merasakan  peningkatan kehidupan," ucapnya.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Desa di Selatan Kabupaten Sukabumi Ancam Keselamatan Warga

Menurutnya, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi seharusnya sudah selesai tahun ini. Namun dampak Covid-19, agenda pembangunan infrastruktur belum terselesaikan tahun ini. "Karena itu, pembangunan infrastuktur merupakan agenda yang belum selesai dan harus dilanjutkan," ungkapnya 

Dalam kesempatan tersebut, Marwan mengingatkan bahaya Covid-19. Sehingga mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. "Terapkanlah protokol kesehatan.Minimal memakai masker ketika berkumpul," terangnya.

BACA JUGA: Hibah Swiss dan Motor Bayar Rp 2000, Jembatan Gantung Pabuaran Sagaranten Sukabumi

Sementara itu, Plt Camat Surade, Ukat Sukayat mengatakan, jembatan tersebut dibangun untuk memberikan kemudahan aktivitas bagi masyarakat. Keberadaan jembatan itu, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama di Desa Buniwangi dan Cipeundeuy. 

"Selain memudahkan mobilitas warga sekitar, juga menjadi akses pariwisata. Selama ini, mau ke Karangbolong wisatawan harus memutar arah, namun sekarang bisa lewat akses ini," bebernya

BACA JUGA: Gotong Royong Perbaiki Jembatan Miring di Cibitung Sukabumi, Warga Empat Kampung Terisolir

Seperti diketahui Pembangunan jembatan itu menggunakan anggaran P3K Kecamatan Surade tahun 2020. "Iya, pembangunan ini dibiayai anggaran P3K dengan masa pengerjaan 120 hari,"jelasnya 

Ditempat yang sama, Warga Kampung Mekarjaya, Desa Buniwangi, Dace (35 tahun) mengaku bersyukur adanya Jembatan Cipamarangan. Keberadaan jembatan mempermudah akses dari sejumlah desa. Sebab sebelum adanya jembatan warga yang hendak berpergian harus menaiki rakit untuk menyeberangi sungai.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Dua Kampung Rusak, Camat Cibadak Sukabumi Minta Warga Sabar

"Keberadaan jembatan ini mempermudah dan mempercepat akses. Selama ini, masyarakat memakai rakit ataupun harus memutar arah. Sekarang bisa cepat. Bahkan, bisa langsung pakai motor ataupun mobil," paparnya.

Ketika adanya jembatan ini, proses pendistribusian hasil pertanian dan laut pun lebih cepat. Hal itu berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. 

BACA JUGA: Andalkan Rakit, Warga Desa Hegarmulya Sukabumi Mimpikan Jembatan Gantung

"Kalau pakai rakit, biayanya Rp 2000. Sekarang langsung saja lewat jembatan. Tidak khawatir tenggelam juga. Jadi lebih aman dan nyaman," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Marwan Hamami menyerahkan kartu BPJS kesehatan kepada nelayan dilanjutkan menebarkan bibit ikan di sekitar Jembatan Cipamarangan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:00 WIB

Berikan Contoh yang Baik! 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Disiplin dan Penurut

Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut.
Ilustrasi. Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut. (Sumber : Unplash.com)
Life04 Mei 2024, 09:30 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya, Ini Langkahnya

Menemukan jati diri yang sebenarnya memang harus terus dicari oleh setiap orang. Pasalnya, mengenal jati diri bisa membantu hidup lebih bermakna.
Ilustrasi. Cara menemukan jati diri yang sebenarnya. Sumber foto : Pexels/iam hogir