Light Dark

Jalin Kerja Sama, Universitas Nusa Putra Siap Dukung Visi Pemkot Sukabumi

Sukabumi | 05 Feb 2021, 09:50 WIB
Foto bersama usai penandatanganan kerja sama antara Pemkot Sukabumi dengan Universitas Nusa Putra, Jumat (5/2/2021). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi menjalin kerja sama dengan Universitas Nusa Putra. Bentuk kerja sama dilakukan melalui penandatangan kerja sama di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi, Jumat (5/2/2021).

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjelaskan, kerja sama tersebut dijalin sebagai upaya bersama antara Pemkot Sukabumi dengan Universitas Nusa Putra untuk mewujudkan salah satu visi Kota Sukabumi, yakni sebagai pusat pelayanan yang berkualitas di bidang pendidikan.

"Kita sudah menyepakati kerja sama yang meliputi banyak hal khususnya pendidikan. Nusa Putra sebagai kampus besar di Sukabumi tentunya bisa mendorong kualitas pendidikan warga Kota Sukabumi agar semakin baik," jelas Fahmi.

BACA JUGA: Persiapkan Tim KMHE dan KRI 2021, KMTM Nusa Putra Gelar Sharing Session with Champions

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan, selama ini Pemerintah Kota Sukabumi telah bersinergi dengan Universitas Nusa Putra melakukan berbagai program kegiatan yang menunjang percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Kota Sukabumi.

"Tentunya dengan adanya kerja sama ini kita akan lebih meningkatkan program-program yang akan dijalankan bersama antara Pemkot dengan Nusa Putra. Inilah wujud nyata dari konsep triple helix yakni adanya sinergi yang baik antara pemerintah, industri dan akademisi," tambahnya.

Salah satu program yang akan segera dilaksanakan, lanjut Fachmi, yakni Program Beasiswa Wali Kota Sukabumi. Program tersebut diperuntukan bagi pelajar di Kota Sukabumi untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Nusa Putra dengan pembebasan biaya perkuliahan.

"Segera akan kita luncurkan Program Beasiswa Wali Kota Sukabumi untuk kuliah di Nusa Putra. Konsepnya satu kelurahan satu sarjana, penerima dibebaskan dari biaya kuliah hingga lulus di Nusa Putra," kata Fahmi.

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Nusa Putra Galang Dana untuk Korban Bencana di Sukabumi dan Daerah Lain

Sementara itu, Rektor Universitas Nusa Putra Dr Kurniawan menuturkan, kampusnya siap mendukung percepatan terwujudnya visi Kota Sukabumi khusunya di bidang pendidikan tersebut. Dalam waktu dekat, Universitas Nusa Putra dan Pemkot Sukabumi akan segera merancang program bersama terkait penyelenggaraan pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian.

"Kehadiran Nusa Putra di Sukabumi diharapkan bisa membawa dampak baik untuk tercapainya visi Kota Sukabumi. Ini sejalan dengan misi kami juga di Nusa Putra yakni memberi dampak positif bagi Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia bahkan dunia," kata Kurniawan.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemkot Sukabumi kepada Nusa Putra untuk bersama-sama memberikan pelayanan pendidikan terbaik kepada warga Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Nusa Putra Terpilih jadi Relawan Gerakan Sukabumi Mengajar

Mengenai program Beasiswa Wali Kota Sukabumi yang akan segera di rilis, Dr Kurniawan menerangkan pihaknya menyerahkan mekanisme pendaftarannya ke pihak Pemkot. Sementara pihak Nusa Putra akan melakukan tes kepada pendaftar dan menetapkan calon mahasiswa yang diterima.

"Waktu dan mekanismenya akan diatur oleh Pemkot. Semoga apa yang kita upayakan ini bisa menjadi berkah, terutama bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Kota Sukabumi," pungkas Dr. Kurniawan.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Reporter