Sensasi Tubing di Sungai Cimahi Sukabumi, Bisa Juga Wisata Bercocok Tanam

Minggu 01 Maret 2020, 00:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Apa yang anda bayangkan saat mendengar ucapan desa wisata? Nampaknya konsep wisata berbasis pedesaan tersebut saat ini mulai dikembangkan di beberapa daerah, termasuk di Sukabumi. Agrowisata Cisande namanya. Objek wisata berbasis pedesaan yang berlokasi di Kampung Karadenan RT 22/07 Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi ini menawarkan wisata edukasi, seperti farming, sains dan belajar peternakan.

BACA JUGA: Nikmati Sensasi Terowongan Cipatala Panumbangan Sukabumi

Saat anda berkunjung ke lokasi tersebut, nampak suasana pedesaan yang telah disulap oleh berbagai nuansa alam yang akan memanjakan mata anda setelah penat dengan hiruk pikuk perkotaan. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cisande sekaligus sebagai Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Maman Mulyana menuturkan, pembelajaran peternakan di kawasan Agrowisata Cisande tersebut tersedia aktivitas ternak domba dan budidaya cacing.

"Budidaya cacing itu juga berkaitan dengan pengolahan sampah organik. Sementara untuk farming, tersedia jenis sayuran yang jangka umurnya pendek, seperti bayam, kangkung dan sawi," ucap Maman kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/2/2020).

Wahana Flying Fox di Agrowisata Cisande yang berlokasi di Kampung Karadenan RT 22/07 Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa

Informasi yang dihimpun, Agrowisata Cisande merupakan agrowisata binaan Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang berkolaborasi dengan Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Tak hanya belajar peternakan dan farming, lanjut Maman, di Agrowisata Cisande juga tersedia spot wisata yang cukup memacu adrenalin para pengunjungnya, yaitu tubing yang diberi nama Ciereng Adventure dan wahana flying fox.

"Tubing berada di Sungai Cimahi dengan panjang rute tubing sejauh 6 kilometer dan waktu tempuh selama dua jam. Kalau untuk flying fox, panjangnya 80 meter dengan ketinggian 6 meter," tambah Maman.

BACA JUGA: Duduk Santai Menikmati Matahari Tenggelam di Dermaga Dua Palabuhanratu

Maman mengungkapkan, untuk saat ini para pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk mendapatkan wisata edukasi, seperti farming, sains dan belajar peternakan. Selain itu, dengan tarif Rp 5.000 tersebut, pengunjung juga disediakan welcome drink berupa mint tea.

"Nah, tarif tersebut karena kita masih promo. Sementara untuk tarif tubing, kita patok Rp 50.000 per orang, itupun sudah mendapatkan makan dan snack. Kalau untuk flying fox, tarifnya itu hanya Rp 5.000," imbuh Maman.

BACA JUGA: Tubing Menyusuri Gua Coblong di Undrusbinangun Sukabumi Sepanjang 110 Meter, Berani?

Jadi, kata Maman lagi, selain wisata edukasi, tubing dan flying fox, di Agrowisata Cisande ini juga ada trekking dan wisata kuliner sawah serta traditional food. Spesial untuk wisata kuliner, Maman menyebut, ada menu yang tersedia di lokasi dan untuk trekking pun ada harga paketan di lokasi langsung.

"Bila ada yang mau datang ke sini, pengunjung yang dari arah Kota Sukabumi atau Cibadak, bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi, nanti tinggal berhenti di pangkalan ojek Pondokleungsir, tepatnya dekat Bank BRI Cisande. Setelah tiba di sana, tinggal tanyakan saja," tukas Maman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok