Menu

24 Jan 2020, 08:30 WIB

Wisata ke Situ Datarnangka Sagaranten Sukabumi, Suasananya Masih Alami Cuy!

Situ Datarnangka di Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata alam Situ Datarnangka di Kampung Cekdam RT 07/02 Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi baru saja dikembangkan oleh para pemuda karang taruna. Lokasi tersebut bisa menjadi pilihan akhir pekan anda.

BACA JUGA: Semakin Cantik, Ikon Baru Bagalbatre Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Ketua Karang Taruna Fajar Bakti Desa Datarnangka, Syarief Hidayatullah (37 tahun) mengatakan, situ tersebut memiliki panjang sekitar 400 meter dan lebar sekitar 60 meter.

"Luas keseluruhan situ tujuh hektare. Adapun kedalaman bervariatif, ada yang mencapai 10 meter. Kalau keberadaan Situ Datarnangka ini memang sudah lama, sejak 1993. Tpai baru dikembangkan dan ditata sekitar dua bulan ke belakang," kata Syarief kepada sukabumiupdate.com, Jumat (24/1/2020).

BACA JUGA: Nikmati Panorama Teluk Ciletuh Sukabumi Dari Angkasa, Cek Tarif Paralayang

Lanjut Syarief, akses menuju lokasi Situ Datarnangka dari arah kota Sukabumi bisa melalui jalan Bojonghaur, Kecamatan Lengkong lewat Kecamatan Pabuaran dengan jarak sekitar 60 kilometer. Sedangkan lewat jalan Sagaranten melalui jalan Ancean - Pabuaran sekitar 48 kilometer.

"Patokannya kantor Desa Datarnangka. Dari kantor desa ke lokasi situ sejauh 500 meter dengan kondisi jalan aspal dan tidak jauh dari jalan raya sekitar 100 meter," ungkap Syarief.

Situ Datarnangka di Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa

Ia menjelaskan, wisata alam Situ Datarnangka memang belum memiliki sarana pendukung, terutama untuk permainan air. Namun wisatawan bisa menikmati suasana sejuk di sekelilingnya, berfoto selfie di jembatan bambu sepanjang 30 meter. "Di lokasi juga ada jogging track dan sawung untuk beristirahat dan botraman. Bahkan lokasi situ sering dijadikan tempat perkemahan," jelasnya.

BACA JUGA: Pemandangan Memikat Mata dari Tangga Curug Cihideung Desa Sindangraja Sukabumi

Selama ini, masih kata Syarief, biaya untuk pengembangan dan penataan situ tersebut berasal dari swadaya para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Fajar Bakti Desa Datarnangka.

"Mudah-mudahan ke depannya, setahap demi setahap ada spot yang menarik. Untuk sementara ini, yang mau berkunjung ke Situ Datarnangka tidak ada pungutan karcis. Dan rencananya hari Minggu ini mau ada lomba selfie di sini," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pakar menyebut anak yang terlalu banyak diam di rumah dan minim interaksi dengan orang lain bisa mempengaruhi kecerdasan sosialnya. Dilansir ANTARA, akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda...

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Cicurug, Cidahu dan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Senin (21/9/2020) lalu, menimbulkan simpati yang mendalam dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk komunitas dan mahasiswa. Sejumlah...

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah mendapat laporan soal aksi pencurian di Kantor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Polsek Simpenan langsung melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket). "Iya tadi anggota Polsek Simpenan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Kane Tanaka, seorang wanita berusia 117 tahun dan 261 hari baru saja mencetak rekor sebagai orang yang paling lama hidup di Jepang. Dilansir dari suara.com, Sebelumnya pada...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya