Menu

29 Sep 2019, 08:00 WIB

Wisata Religi di Goa Karang Pamulang Palabuhanratu, Berani Coba?

Goa Karang Pamulang, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tidak hanya identik dengan wisata alamnya yang menyajikan hamparan pantai dengan deburan ombak serta kumpulan gunung karang yang menambah keindahan.

Lebih dari itu, Palabuhanratu ternyata juga memiliki beberapa wisata objek religi. Salah satunya objek wisata religi tersebut yaitu Goa Karang Pamulang Pantai Tenjoresmi. Lokasi tepatnya di Jalan Raya Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

BACA JUGA: Asal-usul Tiga Goa di Pantai Cikawung Karang Bolong Sukabumi

Iwan Gunawan, salah seorang juru kunci atau orang yang merawat Goa Karang Pamulang mengungkapkan bahwa goa tersebut merupakan petilasan Raden Pangeran Panji dan Sang Ratu Munggul Putih alias Eyang Kuncung Putih. Iwan mengaku dapat amanah dari sesepuh untuk mengurus dan melestarikan Goa Karang Pamulang yang sudah ada sejak zaman Belanda.

"Seingat saya ini sejak tahun 1997 sesepuh yang mengurus dan saya mendapatkan amanah dari sesepuh untuk menjaga goa ini dari tahun 1998," ungkap Iwan kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (28/9/2019).

BACA JUGA: Goa Raksasa dan Pasir Hitam di Pantai Cikawung Karang Bolong Sukabumi

Dijelaskan Iwan, sejak dirinya menjadi juru kunci, banyak wisatawan yang datang ke Goa Karang Pamulang. Selain untuk berkunjung juga para wisatawan datang untuk sekedar beribadah di dalam goa.

"Yang datang ke sini rata-rata tujuannya untuk melakukan tawasulan dan dzikir. Ada yang dari Kalimantan, Bekasi, Banten, Jakarta, Karawang, Indramayu, Cirebon, Jawa Timur dan lain-lain, bahkan dari Solo pun ada yang kesini," jelasnya.

BACA JUGA: Gabung Yuk! Selamatkan Mata Air, Aksi Bebersih Goa Kutamaneuh

Masih kata Iwan, wisatawan datang tidak akan pernah merasa ketakukan. Di dalam goa tersebut sudah tertata rapi. Terdapat beberapa ruangan kecil yang bersih dan nyaman, karena selalu dijadikan tempat untuk melaksanakan dzikir. selain itu juga ada mata air untuk pemandian yang biasa di pakai para wisatawan sesudah melaksanakan ibadah.

"Di dalam ada kamar untuk beribadah agar khusu. Disediakan beberapa ruangan agar saat beribadah antara perempuan dan laki-laki itu tidak bersatu meskipun mereka suami istri," terangnya.

BACA JUGA: Hikayat Leuwi Roke, Sumber Air Bertuah dari Pajampangan Sukabumi

Masih kata Iwan, Objek wisata Goa Karang Pamulang selalu ramai di kunjungi wisatawan dari berbagai kalangan saat hari-hari tertentu, seperti malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon.

"Setiap hari juga ada meski tidak banyak. Mereka hanya sekedar berkunjung. Kalau bulan Mulud (Rabiul Awal) dan Muharam pasti ramai banyak yang kesini untuk tawasulan dan dzikir," tandasnya.

BACA JUGA: Hikayat Sidat Raksasa Dibalik Nama Leuwi Kokok Cibitung Sukabumi

Nah bagi wisatawan yang ingin berkunjung, dari arah Sukabumi Kota tinggal menuju ke arah Palabuhanratu. Sesampainya di pusat kota Palabuhanratu atau Pasar Semi Modern Palabuhanratu lanjut perjalanan ke arah barat menuju arah Cisolok kurang lebih dua kilometer atau kira-kira 10 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUDPATE.com - Liga Inggris secara resmi memberlakukan format lima pergantian pemain untuk sisa pertandingan musim 2019/20 yang akan digelar kembali pada 17 Juni mendatang. Sebagaimana diketahui, Liga Inggris sempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 17 bangunan di Sabang, Aceh, rusak ringan hingga berat akibat gempa yang mengguncang daerah itu pada Kamis pagi pukul 05.31 WIB. Gempa diukur Badan Meteorologi Klimatologi...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi narasumber Webinar Nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang pada Kamis (4/6/2020). Namun, ketika webinar sedang berjalan wajah Ma'ruf tampak dicorat-coret...

SUKABUMIUPDATE.com - Terdakwa kasus pembunuhan ayah dan anak, Aulia Kesuma dan putranya Geovanni Kelvin dituntut hukuman mati dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui video telekonferensi,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya