Menu

Minggu, 15 September 2019, 08:50 WIB

Gua Raksasa dan Pasir Hitam di Pantai Cikawung Karang Bolong Sukabumi

Pantai Cikawung Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Selain kaya akan sumber daya alam pasir besi, ternyata Pantai Cikawung Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi menyimpan potensi wisata yang memukau. Pantai tersebut lokasinya berbatasan dengan Pantai Cicaladi Desa Sukatani, Kecamatan Surade.

BACA JUGA: Berwisata di Laut Geopark Ciletuh Ciemas Naik Perahu, Bisa Snorkeling Juga!

"Dengan hamparan pasir hitam dan bebatuan yang unik, Pantai Cikawung cocok dijadikan wisata edukasi," ucap pegiat wisata Pajampangan, Muhamad Teguh (52 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (14/9/2019).

Teguh memaparkan, pantai tersebut sangat unik secara geologi. Ada patahan menyambung dengan plato Jampang. Belum lama ini ia bersama tim dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, DPESDM Kabupaten Sukabumi, Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) dan Geologi Unpad.

"Tujuannya melakukan pendataan dan penilaian potensi warisan atau kekayaan Pantai Karang Bolong, yang nantinya akan dijadikan Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG) di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu," lanjut Teguh.

Pantai Cikawung Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Reporter: Ragil Gilang

"Kurang lebih luasnya 10 hektare, menurut tim survey. Kawasan tersebut potensi untuk kawasan cagar alam geologi, jadi intinya ada kejelasan zona mana saja yang boleh ditambang dan tidak boleh ditambang," pungkas Teguh.

Sementara itu salah seorang pegiat komunitas Jampang Peduli (Jampe), Uj Sukma Wijaya menambahkan selama ini Pantai Karang Bolong sering dijadikan lokasi kemping dan menikmati panorama pantainya yang bersih.

BACA JUGA: Menjelajahi Pantai Cisantri Lojiwood Sukabumi yang Tersembunyi

Banyak akses menuju lokasi tersebut. Bisa jalur offroad adventure melalui Pantai Minajaya, lewat Muara Cipamarangan, Pantai Cicaladi Desa Sukatani dan Pantai Cikawung Karang Bolong, Bisa juga lewat jalan Desa Cipeundeuy menuju Desa Sukatani dan arah Pantai Cicaladi.

"Dan akses dari jalan Cikaso Tegalbuleud, masuk ke kawasan hutan jati, namun kondisi jalannya bebatuan. Pantai Cikawung ini potensi wisatanya masih alami, karena memang pada tahun ke belakang dijadikan tambang pasir hitam," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada spot wisata menarik di Jalan Raya Cikeong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya belum banyak diketahui orang. Namanya Citepus Valley Adventure. Lokasinya masih berdekatan dengan Bukit...

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tidak hanya identik dengan wisata alamnya yang menyajikan hamparan pantai dengan deburan ombak serta kumpulan gunung karang yang menambah keindahan. Lebih dari itu,...

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak Julang, salah satu dataran tinggi yang terletak di Kampung Cijulang RT 28/06 Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. Lokasinya berada di kawasan hutan pinus Perhutani Blok...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya