Menu

28 Sep 2019, 06:30 WIB

Menikmati Sunset di Atas Ketinggian Kebun Pinus Puncak Julang Mangunjaya Sukabumi

Puncak Julang di Kampung Cijulang Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak Julang, salah satu dataran tinggi yang terletak di Kampung Cijulang RT 28/06 Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. Lokasinya berada di kawasan hutan pinus Perhutani Blok Hanjuang Selatan. 

Puncak Julang memberi suguhan wisata panorama memandang lepas alam Pajampangan. Ditambah dengan deretan pohon pinus, menambah kesejukan dan suasana alami.

BACA JUGA: Video: Sukabumi Juga Punya Negeri di Atas Awan, Eksotisme Puncak Pilar Ciwalat

Untuk menuju lokasi Puncak Julang, biasanya berpatokan di Kantor Desa Mangunjaya. Bisa datang dari arah Kiaradua maupun arah Jampang Kulon. Masuk ruas Jalan Raya Galumpit Waluran, lalu masuk ke jalan Cimanggis, Kampung Sukasirna.

"Dari Kiaradua sekitar 19 kilometer sampai ke kantor desa. Dari Alun-alun Jampangkulon 14 kilometer. Untuk lebih memudahkan patokannya Kantor Desa Mangunjaya," kata Bendahara Desa Mangunjaya, Agus Budiman kepada sukabumiupdate.com, Rabu (24/9/2019).

BACA JUGA: Sukabumi Juga Punya Negeri di Atas Awan, Eksotisme Puncak Pilar Ciwalat

Dari Kantor Desa Mangunjaya, kemudian menempuh perjalanan sejauh dua kilometer menuju lokasi. "Jalan yang dilalui selain aspal, ada jalan bebatuan dan tanah. Aspal sepanjang satu kilometer, jalan batu 600 meter dan jalan tanah 400 meter. Untuk sepeda motor bisa sampai ke lokasi, sedangkan mobil hanya sampai di perkampungan, jalur ini sangat cocok untuk adventure," ucap Agus.

Puncak Julang, sambung Agus, baru saja dibuka dua bulan yang lalu oleh Karang Taruna bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

BACA JUGA: Puncak Darma Punya Spot Baru buat Nikmati Panorama Geopark Ciletuh

"Memang belum ada fasilitas pelengkap, masih dalam tahap penataan. Namun lokasi wisata alam tersebut sudah banyak yang mengunjungi terutama pengunjung lokal. Di lokasi sudah ada sawung pangauban (Sawung utama) ukuran 4x6 meter, bisa dijadikan tempat wisata keluarga atau bersama teman-teman. Juga terdapat dua sawung kecil untuk melihat pemandangan," jelasnya.

Dari ketinggian Puncak Julang, pengunjung akan disuguhi pemandangan perbukitan wilayah Pajampangan, serta laut Ujung Genteng. Dari dataran tinggi tersebut paling menakjubkan melihat matahari tenggelam (sunset) dari ketinggian, ditambah deretan pohon pinus yang menambah suasana lebih nyaman dan sejuk.

"Untuk para pengunjung yang ingin menikmati spot Puncak Julang, bisa minta diantar ke pengurus Karang Taruna Desa Mangunjaya," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Polda DIY telah memeriksa 13 orang yang dianggap mengetahui tragedi susur sungai SMP 1 Turi di Sungai Sempor, Sleman. Dari pemeriksaan tersebut, polisi telah menetapkan satu orang...

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak misteri tersimpan di laut dalam, termasuk dengan para penghuninya. Paling baru, peneliti dibuat kaget dengan penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu bercahaya. Para peneliti yang tergabung dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya