Menu

Minggu, 07 Juli 2019, 13:59 WIB

Ke Sukabumi, Presiden PKS Sohibul Iman Beri Bocoran Soal Sikap Politik

Presiden PKS, Sohibul Iman saat diwawancarai usai menghadiri acara Halal Bihalal PKS Kota Sukabumi, Minggu (7/7/2019) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. | Sumber Foto:Herlan Heryadie.

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden PKS, Sohibul Iman mengaku masih menunggu keputusan dari Majelis Syuro soal sikap politik PKS setelah koalisi 02 bubar. Hal itu disampaikan Sohibul Iman saat menghadiri acara Halal Bihalal PKS Kota Sukabumi, Minggu (7/7/2019) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

"Koalisi atau tidak itu tergantung kepada keputusan Majelis Syuro. Sekarang belum ada musyawarah lagi, jadi belum ada keputusan baru. Yang berlaku sekarang masih keputusan lama, keputusan sebelum Pilpres, dimana Majelis Syuro memberikan keputusan bahwa PKS bersama 02. Yang berarti PKS tidak dengan 01 dong," ujar Sohibul Iman kepada sukabumiupdate.com.

Mengingat Koalisi Adil Makmur bersama 02 kini sudah dinyatakan bubar, ia menegaskan tak serta merta PKS begitu saja merapat ke koalisi 01 yang sekarang berada di posisi pemerintahan.

BACA JUGA: Jelang 22 Mei 2019, DPD PKS Sukabumi Prihatin Kibarkan Bendera Setengah Tiang

"Nah sekarang koalisi 02 sudah bubar. Mandat tidak berarti kita langsung ke 01. Kita kembalikan ke Majelis Syuro. Kaidah pertama kita tidak dengan 01 itu masih berlaku juga," lanjutnya.

Ia pun tak banyak mengomentari soal sikap politik partai lain yang semula berada di koalisi 01 untuk mengambil sikap berada di sisi pemerintahan. Menurutnya, hal itu adalah keputusan dari masing-masing partai politik.

"Dalam hal ini saya tidak punya kewenangan untuk mengomentari keputusan kawan-kawan kita mau diluar atau di dalam pemerintahan. Itu adalah urusan partai masing-masing," imbuhnya.

BACA JUGA: PKS Dominasi Perolehan Suara Pileg DPRD Kota Sukabumi

Dalam politik, masih kata Sohibul Iman, ada semua kemungkinan. Jika Majelis Syuro memutuskan agar PKS berada di dalam pemerintahan, maka amanat itu yang akan ia jalankan.

"Tapi tebakan saya, saya melihat bahwa anggota Majelis Syuro ini kan perwakilan dari berbagai daerah, mewakili umat, rasa-rasanya PKS akan memilih di luar pemerintahan. Spiritntya ada disitu. Tapi tidak bermaksud mendahului, kita tunggu keputusan Majelis Syuro. Ini hanya berdasarkan pengamatan saya," tegasnya.

BACA JUGA: Bantah Tak Siap Disidang, Caleg PKS Kota Sukabumi Sebut Bawaslu Lalai

Ia menilai berada di luar pemerintahan adalah sesuatu yang sehat buat demokrasi. Apabila diputuskan sikap politik PKS berada di luar pemerintahan, maka PKS akan menjalankan fungsi check and balances.

"Kalau semuanya di pemerintahan, apa kata orang nanti? Insyaallah PKS siap menjalankan fungsi check and balances kalau sudah diputuskan oleh Majelis Syuro," tandasnya.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil tak mau komentar lebih jauh terkait Pilpres 2024. Nasil juga menoak menanggapi soal ajakan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke...

SUKABUMIUPDATE.com - Euforia perhelatan Piala Dunia 2018 dimanfaatkan secara positif oleh TNI/Polri di Kota Sukabumi. Lewat acara nonton bareng (nobar), silaturahmi TNI/Polri di Kota Sukabumi semakin erat. Gelaran nonton bareng...

SUKABUMIUPDATE.com - Buat warga Kota Sukabumi yang senang dengan travelling atau sekedar menikmati keindahan alam yang asri di tengah hiruk pikuk kebisingan kota. Tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke...

SUKABUMIUPDATE.com - Pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Nomor urut 2 Achmad Fahmi-Andri Hamami (Faham) memperoleh suara terbanyak dalam kontestasi Pilkada 2018 Kota Sukabumi dengan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya