Menu

15 Jan 2020, 23:00 WIB

Gempa di Gunung Salak, Warga Kabandungan Sukabumi Rasakan Getaran

Gempa tektonik mengguncang sebagian wilayah Sukabumi, Rabu (15/1/2020). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa tektonik mengguncang sebagian wilayah Sukabumi, Rabu (15/1/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui siaran tertulisnya menyebut gempa terjadi sekitar pukul 19.50 WIB.

BACA JUGA: Gempa Garut Terasa hingga Sukabumi, BPBD Pantau Dampaknya

Analisis BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 2,4. Pusat gempa terletak pada koordinat 6.71 LS - 106.56 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 29 kilometer Barat Daya Bogor dengan kedalaman 20 kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan serangkaian gempa bumi dangkal di kaki Gunung Salak akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

BACA JUGA: Gempa Garut Dirasakan hingga ke Sukabumi

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, di Sukabumi memiliki skala intensitas II-III MMI, tepatnya di kawasan Gunung Salak dan Gunung Halimun. 

Berdasarkan laporan sementara, BMKG belum mencatat ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

BACA JUGA: Tips Menghadapi Gempa Swarm Sesar Citarik yang Terus Guncang Kabandungan dan Sekitarnya

Hingga laporan BMKG dibuat pukul 20:48 WIB, hasil monitoring terhitung sudah ada lima kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Gempa terasa sampai Kabandungan. Tidak terlalu besar sih, dan tidak lama juga cuma beberapa detik, tapi cukup bikin kaget," ujar warga Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Nazir kepada sukabumiupdate.com.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan alasan pemerintah tidak bisa menanggung biaya vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat. "Masyarakat perlu memahami bahwa riset pengadaan vaksin yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Unit Laka Lantas Polres Sukabumi memberi penjelasan terkait kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Nagrak Sukabumi, Kamis (22/10/2020) sekira pukul 11.00 WIB dan mengakibatkan satu orang terjepit...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan laut terjadi di Pantai Cikalapa Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di sekitar perairan laut Karangbolong. Satu orang dinyatakan hilang saat menyelam untuk berburu ikan...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat sudah lulus semua tahapan uji klinis. "Sehingga aman dan efektif digunakan," kata...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya