50 Hari Menunggu Bantuan, Rumah Ketua RT di Cisolok Ambruk Diguncang Gempa Banten

Rabu 18 September 2019, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi yang terjadi pada 2 Agustus 2019 lalu berdampak ke Sukabumi. Seperti dialami Madhoni (68 tahun), warga Kampung Cisarua RT 02/10 Desa Gunung Tanjung, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Rumahnya ambruk setelah diguncang gempa dan hingga kini belum mendapat perbaikan.

BACA JUGA: Puluhan Jiwa di Kabupaten Sukabumi Mengungsi Akibat Gempa Banten

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai Ketua RT itu bukan tak ingin memperbaiki rumahnya yang ambruk. Ia mengaku hanya bisa pasrah lantaran tak memiliki biaya cukup untuk memperbaiki rumah.

"Dua kamar tidur sudah lama tidak bisa ditempati. Ya mau bagaimana lagi? Sudah tidak ada biaya lagi," ujar Madhoni kepada sukabumiupdate.com, Rabu (18/9/2019).

BACA JUGA: Gempa Banten, Dua Warga Sukabumi Meninggal Dunia

Madhoni menjelaskan, dinding kamar rumahnya ambruk setelah gempa bumi yang cukup besar terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, disusul pukul 01.20 WIB, dini hari.

"Tidak ada korban sih, karena saat dua kali kejadian itu kebetulan sedang tidak di rumah. Istri saya sedang ada kumpulan dengan ibu-ibu PKK di rumah tetangga. Yang di rumah hanya ada cucu saya yang masih kecil lagi tidur di ruang tv. Beruntung reruntuhan tidak menimpanya," jelasnya.

BACA JUGA: Saat Tembok-tembok Rumah di Sukabumi Runtuh Akibat Gempa Banten

Masih kata Madhoni, cucunya yang masih kecil tersebut dapat selamat dari reruntuhan karena saat guncangan gempa pertama terjadi warga sekitar langsung menyelamatkan cucunya tersebut.

"Alhamdulillah cucu saya selamat dari reruntuhan puing bangunan.Nh setelah itu dini hari dinding kamar satu lagi menyusul ambruk juga. Kebetulan dua kamar itu sedang kosong. Saya tidur di ruang tengah bersama istri," terangnya.

BACA JUGA: Data Sementara Dampak Gempa Banten: 27 Bangunan di Kabupaten Sukabumi Rusak

Madhoni mengaku sudah beberapa kali disurvei oleh pemerintahan desa setempat untuk diajukan perbaikan, namun hingga saat ini belum membuahkan hasil. "Kalau pengajuan sudah beberapa kali, disurvei dan difoto-foto. Tapi sampai hari ini belum ada juga bantuannya," tandasnya.

Pantauan di lapangan, tidak hanya dinding dua kamar saja yang ambruk . Pojok dinding bagian tengah, depan hingga lantai rumah yang dihuni dua jiwa ini pun terlihat mengalami kerusakan. Hampir setiap malam, ia dan istrinya, Yoyoh (47 tahun) masih trauma dan dihantui ketakutan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)