Menu

27 Sep 2019, 06:30 WIB

Ikut Kopdar Emil Jilid III di Pangandaran, Ini Curhat Wali Kota dan Bupati Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi (kaos merah) dan Bupati Sukabumi (Kaos kuning) bersama kepala daerah lainnya di Jawa Barat di acara Kopdar jilid III di Hotel Pantai Indah Timur, Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9/2019). | Sumber Foto:Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadir dalam acara Forum Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) Jawa Barat di Hotel Pantai Indah Timur, Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9/2019). Ini adalah Kopdar ke 3 sebagai sarana bagi kepala daerah seluruh kota da kabupaten se Jawa Barat menyampaikan curhatan, saran dan kebutuhan daerah langsung kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil).

Pada momen itu dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pembangunan daerah bersama kepala daerah dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. “Pemkot Sukabumi mengapresiasi kegiatan kopdar yang tahun ini sudah dilakukan sebanyak tiga kali,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

BACA JUGA: Reaksi Marwan dan Fahmi Soal Penyerangan Band Ska Asal Sukabumi di Jakarta

Semoga kegiatan kopdar ini bisa berbanding lurus untuk merumuskan perencanaan di tahun mendatang. Harapannya kopdar yang kegiatannya berada di Tata Pemerintahan (Tapem) dan e-Planning yang diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) bisa sinergis satu dengan yang lainnya.

 “Sehingga berbagai program pembangunan di daerah bisa berjalan dengan baik dan dilakukan percepatan,” ujar Fahmi.

BACA JUGA: Kota dan Kabupaten Sukabumi Kembali Raih KLA, Ini Kategorinya!

Sementara itu, Bupati Sukabumi menyampaikan saat ini pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan ruang untuk Pemerintah Daerah dalam pembangunan Investasi Infrastruktur dengan mempergunakan Pembiayaan dari perbankan maupun dari lembaga Pembiayaan. “Kedepan dalam melaksanakan pembangunan kita bisa mengakses pembiayaan tersebut yang dalam mekanismenya pembiayaannya, 3 per 4 biaya harus tercover oleh dana APBD" jelasnya.

Bupati pun berharap dengan adanya mekanisme pinjaman tersebut bisa menjadi solusi dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. “Dengan adanya program tersebut kedepan bisa menjadi solusi dalam menjawab capaian capaian pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi" ungkapnya.

BACA JUGA: Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kompak Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2018

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap pertemuan kopdar menjadi momentum para kepala daerah untuk menyampaikan aspirasinya terhadap pemerintah provinsi. Kordinasi antar pemerintahan daerah pun akan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dalam forum Kopdar juga disosialisasikan program BJB Indah (Infrastruktur Daerah) kepada seluruh bupati dan wali kota di Jawa Barat. Program ini merupakan pembiayaan untuk mendukung kegiatan pembiayaan infrastruktur di daerah.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
Sumber : Humas Kota dan Kabupaten Sukabumi
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah imbas dari pandemi Covid-19 yang merebak secara global, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) langsung membenahi pelayanan. Hal...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Bondol, Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, mengeluhuhkan tumpukan sampah yang berserakan di bahu jalan Parakansalak - Cidahu. BACA JUGA: Bakar Sampah Lalu Ditinggal, Lahan Kosong...

SUKABUMIUPDATE.com - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kota Sukabumi belum dilaksanakan secara tatap muka pada 13 Juli 2020 mendatang. Awalnya, SMP dan SMA sederajat di Kota Sukabumi yang sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan terjadi penambahan kasus baru pasien positif Corona sebanyak 1.611 orang pada 10 Juli 2020. Sehingga total kasus akumulatif sebanyak...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya