Menu

Jumat, 15 Maret 2019, 05:30 WIB

DPPKB Kabupaten Sukabumi: Program Kampung KB Harus Dibarengi Kerjasama Antar OPD

Salah satu kegiatan DPPKB Kabupaten Sukabumi di salah satu Kampung KB di Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi bahwa mencatat di tahun 2019 ini terdapat 178 Kampung KB Kabupaten Sukabumi. Meski program tersebut gencar digenjot DPPKB, namun masih diperlukan kerjasama yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

BACA JUGA: DPPKB Kabupaten Sukabumi: KB Itu Tidak Berbicara Kontrasepsi Saja

Seperti dikatakan Kasi Advokasi Pergerakan Institusi Masyarakat DPPKB Kabupaten Sukabumi, Syaifuddin. Ia menjelaskan, kesuksesan program Kampung KB, tidak cukup hanya mengandalkan partisipasi masyarakat saja, namun program Kampung KB ini merupakan program lintas sektoral OPD yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Kita harapkan ada sebuah sinergitas, kerjasama dan koordinasi yang baik dengan semua pihak. Itu juga termasuk dalam program kita yakni Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) program Kampung KB ini," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (14/3/2019).

BACA JUGA: Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi Siap Sukseskan Program KKBPK

Menurutnya, program Kampung KB sebagai rancangan model dan metode penggarapan untuk daerah-daerah yang tertinggal, maka ia ingin memastikan bahwa setiap wilayah di Kabupaten Sukabumi ini masyarakatnya dapat menjangkau pelayanan seperti informasi, pelayanan teknis medis,pelayanan pengasuhan keluarga dan pelayanan lainnya.

“Kita ambil contoh misalnya, di Kampung KB tersebut ada anak yang tidak sekolah, OPD pendidikan harus mengurus hal itu, tugas kita sebagai DPPKB sudah selesai, bagaimana OPD terkait bisa menindaklajuti kedepannya terkait permasalahan yang ada," ucapnya.

BACA JUGA: Pemdes Tenjolaya Sukabumi Gencarkan Jumsih di Kampung KB

Ia menambahkan, sebenarnya program Kampung KB adalah upaya inisiasi DPPKB untuk bersama-sama mengajak semua OPD terkait terjun ke lapangan langsung menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di sebuah Kampung KB tersebut.

"Kami rasa, inisiatif ini kenapa tidak. Mari kita bareng-bareng selesaikan permasalahan yang ada, karena tujuan kita juga kan untuk mencapai kesejahteraan secara umum, maka kerjasama dan kepekaan OPD sangat dibutuhkan," pungkasnya.

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG/ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sukabumi melakukan penilaian Kampung KB di Kampung Cibenda RT 05/02 Dusun Kiarajangkung, Desa Cikarang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Sungai Cimahi di Kampung Sekarwangi, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi dipenuhi busa berwarna putih, hingga membuat warga sekitar resah. Tak sedikit yang menduga busa berwarna putih...

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi jalan Desa kampung Tegalbuleud menuju Kampung Babakan Salam dikeluhkan warga. Pasalnya jalan yang menjadi akses utama warga dua dusun tersebut kondisinya sudah sangat rusak. Jalan dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan, mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi. Kedatangan pria yang akrab disapa Hergun ini merupakan program...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya