Menu

Rabu, 13 Maret 2019, 21:38 WIB

Pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi Bukan di Area Sesar Cimandiri?

Masterplan pembangunan Bandara Sukabumi di kawasan Kecamatan Cikembar. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan Bandara Sukabumi sempat disoal. Aktivis pemekaran Sukabumi Selatan, Bayu Risnandar menolak revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pemerintah yang akan menyulap wilayah Kecamatan Cikembar menjadi lokasi Bandara Sukabumi. Pasalnya, lokasi bandara itu berada di zona patahan atau Sesar Cimandiri, sesar aktif di Jawa Barat yang berpotensi menyebabkan bencana besar. 

BACA JUGA: Tolak Pembangunan Bandara Sukabumi, Aktivis: Pemerintah Gali Kuburan Massal

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Hubla dan ASDP) Dishub Kabupaten Sukabumi, Endang Badri membantah, pembangunan bandara di Cikembar itu tidak berada di atas zona Sesar Cimandiri.

Masterplan pembangunan Bandara Sukabumi di kawasan Kecamatan Cikembar. | Sumber Foto: Istimewa

"Rencana pembangunan bandara yang ditetapkan di Cikembar itu sudah melalui beberapa kajian. Salah satunya tentang Sesar Cimandiri, dan lokasi itu berada jauh dari patahan Sesar Cimandiri," kata Endang kepada sukabumiupdate.com, Rabu (13/3/2019).

BACA JUGA: Tak Ada Aktivitas Pembangunan, Apakah Bandara Cikembar Sukabumi Batal?

Endang mengaku sudah mengantongi data hasil kajian Fisibielity Study (FS) Masterplan, yang mencakup kajian kelayakan suatu rencana pembangunan yang menginjau dari berbagai aspek. 

"Kajian mengenai suatu tempat layak atau tidaknya dibangun sesuatu. Insyaallah, kajian kelayakan dan masterplan di kita ada datanya," ujar Endang.

BACA JUGA: Mengintip Masterplan Pembangunan Bandara Sukabumi di Cikembar

Endang menambahkan, berdasrkan informasi pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi untuk tahapan pembebasan lahan, serta cut and fill yang bersumber APBD Provinsi Jawa Barat sudah ada tahun ini.

"Kalau untuk nominal pastinya saya harus tanya dulu ke provinsi dan pusat, takut salah menyebutkan kalau tidak lihat dokumennya. Tetapi Insyaallah sudah ada," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar workshop konseling KB pasca persalinan kepada puluhan tenaga kesehatan tingkat puskesmas se Kabupaten Sukabumi, di Hotel Selabintana. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari,...

SUKABUMIUPDATE.com  - Anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad, mengakui selama dua minggu ini wacana dan pemikiran mengenai pilkada dikembalikan ke DPRD kembali menyeruak. “Apalagi terkait Pilkada Serentak tak...

SUKABUMIUPDATE.com  - Bagi beberapa perempuan, masa hamil dapat membuat wajah berjerawat. Bahkan pada masa tertentu jerawat tersebut terlihat sangat parah. Kondisi ini tentu saja berkaitan dengan hormon yang membuat wajah...

SUKABUMIUPDATE.com  - Buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Sepertinya ungkapan itu cocok untuk Dharma Mangkuluhur Hutomo. Ia mengikuti hobi sang ayah yang suka balapan di masa mudanya dulu. Dharma...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya