Menu

16 Jan 2019, 06:19 WIB

Mengintip Masterplan Pembangunan Bandara Sukabumi di Cikembar

Masterplan rencana pembangunan Bandara Sukabumi di wilayah Kecamatan Cikembar. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Masterplan pembangunan Bandara Sukabumi kian dimatangkan. Hal tersebut menambah bukti bahwa selangkah lagi Bandara Sukabumi akan segera dibangun di wilayah Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Diketahui, sebelumnya telah dipasang patok pembatas di lokasi tersebut.

Dari gambar masterplan pembangunan bandara yang diperoleh dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, terlihat bagaimana nantinya lahan seluas 130 hektare akan disulap menjadi bandara, berikut sarana penunjang dan infrastrukturnya. Meski kini di lahan tersebut masih berupa hamparan kebun singkong dan area perkebunan lainnya.

Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Hubla dan ASDP) Dishub Kabupaten Sukabumi, Endang Badri memaparkan, dari hasil evaluasi uji kelayakan bandara yang diselenggarakan pada awal tahun 2018, sudah ditetapkan bahwa Kecamatan Cikembar adalah yang dipilih untuk dibangun bandara.

"Pada tanggal 18 Desember 2018 lalu, Dishub Provinsi Jawa Barat sudah melayangkan surat usulan ke Menteri Perhubungan untuk ditetapkannya lokasi bandara baru di Cikembar," papar Endang kepada sukabumiupdate.com, Selasa (15/1/2019).

Peta tata letak lokasi pembangunan Bandara Sukabumi di wilayah Kecamatan Cikembar. (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, masih kata Endang, bandara ini akan dibangun di wilayah Citarate, Pajampangan. Namun, saat ini pihaknya hanya menunggu revisi di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) baik di Kabupaten maupun di Provinsi Jawa Barat untuk semakin mematangkan kajian jelang pembangunan bandara.

BACA JUGA: Tolak Pembangunan Bandara Sukabumi, Aktivis: Pemerintah Gali Kuburan Massal

Pada tahap pertama, lanjut Endang, bandara baru ini akan dipergunakan oleh pesawat jenis ATR72 dengan kapasitas sekitar 80 penumpang. Namun untuk tahap kedua, bandara ini bisa dipergunakan oleh pesawat jenis Boeing 737 yang bisa menampung 180 hingga 200 penumpang.

"Sesuai dengan statemen Presiden RI bahwa 2019 itu sudah mulai pembangunan, dan dari hasil tahapan dan kajian masterplan, dipastikan tahun 2021 pembangunan tahap pertama selesai," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah pandemi corona, semua anggota keluarga terpaksa berada rumah sepanjang hari selama beberapa minggu untuk social distancing. Dilansir dari tempo.co, ini tak hanya membuat orang tua...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi II DPR RI menyatakan sepakat atas penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 imbas dari pandemi virus corona Covid-19. Dilansir dari suara.com, kesepakatan itu didapat usai Komisi II...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak munculnya wabah virus Corona atau Covid-19, Wedang Jahe Beras Hitam produksi rumah pamer beras hitam Saung Palapah Katersna, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi justru...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengaku baru akan mempertimbangkan karantina wilayah secara parsial apabila hasil pemeriksaan Covid-19 sudah bisa didapat. Sebelumnya, Fahmi mengaku sudah mengirim sampel 60 warga...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya