Tangkap 11 Pelaku Pungli Wisata di Sukabumi dengan Barang Bukti Rp 700 Ribu, Polisi: Laporkan!

Senin 30 Desember 2019, 07:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Satgas Preventif Ops Lilin Lodaya 2019 Sat Sabhara Polres Sukabumi mengamankan 11 orang terduga pelaku pungutan liar atau Pungli di objek wisata Simpenan dan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Minggu (29/12/2019).

11 pelaku diamankan di tiga lokasi yang berbeda. Lima orang diamankan di Pantai Bufalo Rawakalong Cipatuguran, Palabuhanratu. Masing-masing berinisial M (16 tahun), J (35 tahun), Y (30 tahun), H (32 tahun) dan A (28 tahun).

BACA JUGA: Pelaku Pungli Lokasi Wisata Sebut Uang Kebersihan, DLH Sukabumi: Alasan Dibuat-buat

Kemudian tiga orang diamankan di Pantai Batu Bintang Cipatuguran Palabuhanratu. Masing-masing berinisial J (34 tahun), J (26 tahun) dan AH (34 tahun). Di hari yang sama pula, tiga orang berinisial Y (22 tahun), S (41 tahun) dan AT (39 tahun) diamankan di pertigaan Loji, tepatnya di Kampung Loji, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

"Modus yang dilakukan para pelaku ini, memungut dan meminta sejumlah uang partisipasi atau retribusi kepada para wisatawan yang akan berwisata di Geopark dan sekitar Pantai Palabuhanratu," ujar Kapolres Sukabumi, AKBP Nuredy Irwansyah putra melalui Paur Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saeful Rohman kepada sukabumiupdate.com, Senin (30/12/2019).

BACA JUGA: Ini Modus Pelaku Pungli Kendaraan Wisatawan di Simpenan Sukabumi

Aah menjelaskan, informasi pungli tersebut berawal dari patroli siber Polres Sukabumi di media sosial. Melalui patroli siber itu, ditemukan banyak keluhan masyarakat, terutama para wisatawan soal adanya pungli di beberapa tempat tersebut. Dalam waktu singkat, sebut Aah, Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra memerintahkan Kasat Sabhara IPTU Tenda Sukendar selaku Kepala Satgas Preventif Ops Lilin Lodaya 2019 Polres Sukabumi untuk melakukan penertiban.

"Dan hasilnya anggota berhasil mengamankan 11 orang yang tertangkap tangan sedang melakukan pungli, dengan barang bukti uang hasil pungli. Kapolres Sukabumi menyatakan bahwa penertiban ini merupakan bentuk respon aparat Polres Sukabumi terhadap keluhan masyarakat terkait pungli," jelasnya.

BACA JUGA: Polisi Amankan 8 Orang Diduga Pelaku Pungli di Objek Wisata Kawasan Pantai Palabuhanratu

Menurut Aah, polisi tidak akan mentolelir adanya pungli, terutama pada saat banyaknya wisatawan ke wilayah hukum Polres Sukabumi. "Hal dilakukan guna menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang datang berlibur di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Kapolres Sukabumi juga meminta masyarakat dan wisatawan untuk melapor apabila mendapati pungli pada saat berwisata," pungkas Aah.

BACA JUGA: Polisi Bekuk Pelaku Pungli Kendaraan Wisatawan di Simpenan Sukabumi

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Sukabumi, AKP Firman Taufik menambahkan, saat ini jajaran kepolisian sedang berkordinasi dengan aparat Satpol PP Kabupaten Sukabumi untuk penanganan lebih lanjut.

"Total dari tiga titik, barang bukti yang diamankan lebih kurang uang tunai sebesar Rp 700.000. Kepada para wisatawan, jika ada ancaman atau perbuatan lain yang melanggar hukum diimbau utuk segera melaporkan ke kantor polisi terdekat untuk segera ditindaklanjuti sebagai dasar kami untuk proses selanjutnya," tambahnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi