Akun Facebook Dilaporkan, Irwan Kurniawan Dipanggil Polres Sukabumi

Jumat 12 Juli 2019, 11:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan jurnalis, sekaligus pegiat sosial politik Irwan Kurniawan mendapatkan panggilan dari Polres Sukabumi terkait akun facebooknya. Bapak tiga anak ini mengaku siap memenuhi panggilan, sebagai kewajiban warga negara dan berharap pelaporan ini bukan upaya membungkam suaranya.

Kepada sukabumiupdate.com Jumat (12/7/2019), melalui aplikasi whatsapp Irwan mengirimkan foto dari surat pemanggilan tersebut. Surat tertanggal 11 Juli 2019 tersebut ditujukan kepada Irwan dari Satuan Reskrim Polres Sukabumi, untuk memenuhi panggilan pada hari  Senin tanggal 15 Juli 2019 mendatang.

“Suratnya baru diterima hari ini, (Jumat) tadi ada dua orang nggak pakai seragam mengantarkannya ke rumah,” jelas Irwan.

BACA JUGA: Disebut Penipu di Medsos, Pria Asal Nagrak Sukabumi Ini Laporkan Akun FB ke Polisi

Dalam surat ditegaskankan Irwan dipanggil untuk mengklarifikasi dan didengar keterangannya oleh penyidik Satreskrim Polres Sukabumi. Pemanggilan ini terkait kasus dugaan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik, melalui media sosial facebook dengan nama akun Irwan Kurniawan. 

“Sebagai warga negara, saya siap dan Insya Allah hadir memenuhi undangan penyidik satreskrim Polres Sukabumi untuk memberikan klarifiksi dan keterangan atas laporan yang saat ini tengah ditangani pihak kepolisian,” sambung Irwan.

Ia cukup kaget dengan pemanggilan ini, karena merasa status di akun facebook miliknya selama ini tidak pernah melecehkan personal atau orang. “Saya tidak pernah nyerang pribadi, paling sindir sampir itu juga tidak langsung menunjuk orang atau pribadinya.”

BACA JUGA: Merasa Difitnah, Ini Empat Akun Facebook yang Dilaporkan Wali Kota Sukabumi ke Polisi

Warga Cibolang Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi inipun mengakui jika sering melakukan kritik melalui akun facebooknya. “Kalau kritik iya tapi saya juga heran kalau kritik yang dipermasalahkan, apalagi deliknya penghinaan dan pencemaran nama baik, saya selama ini menjadikan media sosial untuk ajang diskusi sehat, saya juga siap dikomentari dan dikritik oleh siapapun,” tegas Irwan.

Pria yang sempat menjadi jurnalis di sejumlah media lokal Sukabumi baik cetak maupun online ini, tidak menampik jika tensi diskusi di media sosial akhir akhir ini sedikit meninggi, terutama terkait wacana Pilkada 2020 Kabupaten Sukbumi.  “Saya kira sih terlalu baperlah kalau masalah wacana politik maen lapor, toh semua memanfaatkan media sosial, apalagi soal politik. Saya juga sedikit mempertanyakan kenapa nama pelapornya tidak dicantumkan dalam surat panggilan, termasuk delik aduannya. Tapi intinya saya siap memberikan keterangan ke polisi karena saya tidak pernah merasa menghina atau mencemarkan nama baik pribadi di media sosial, saya cukup berhati-hati dalam hal ini,” pungkasnya

BACA JUGA: Viral Postingan Khuntet Heri Hina Warga Sukabumi, Pria Ini Lapor Polsek Nagrak

Terkait pemanggilan ini, Satreskrim Polres Sukabumi menegaskan adanya laporan terkait kasus dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik. Seperti yang tertulis dalam point kelima huruf e, yang menjadi rujuan pemanggilan Irwan dalam kasus ini, yaitu laporan pengaduan tertanggal 11 Juli 2019 tentang dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik.

“Nanti saya cek dulu, lagi diluar persiapan event masih dalam rangka HUT Bhayangkara 73,” tulis Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi singat melalui pesan whatsapp saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com soal dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik dengan terlapor Irwan Kurniawan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi