Merasa Difitnah, Ini Empat Akun Facebook yang Dilaporkan Wali Kota Sukabumi ke Polisi

Selasa 18 April 2017, 06:02 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Publik Kota Sukabumi bertanya-tanya, siapa saja sebenarnya pemilik akun yang dilaporkan Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, ke Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi Kota atas dugaan pencemaran nama baik, fitnah, penghinaan, dan pelecehan.

Keempat pemilik akun ini dilaporkan Muraz melalui kuasa hukumnya Dedi Fatius pada Senin (17/4) kemarin. Keempat pemilik akun ini diduga melakukan pelanggaran hukum sesuai pasal 27 ayat (3) dan ayat (40 undang-undang nomor 19 tahun 2016 atas perubahan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Dedi Fatius ketika dihubungi sukabumiupdate.com, Selasa (18/4), melalui pesawat selularnya, enggan menyebutkan keempat nama pemilik akun itu. “Sebagai kuasa, saya tidak bisa memberitahukan nama keempat pemilik akun itu,” ujarnya.

Hanya saja, sebut dia, para haters ini telah membuat kliennya tersinggung berat, karena tidak pernah merasa melakukan apa yang dituduhkan para pemilik akun itu.

“Dalam akun Facebook, mereka menuduh klien saya melakukan korupsi dana koropak Masjid Agung, sehuna ngaranyed, dan meminta uang setiap kali ada pelantikan. Semua bukti tulisan, baik melalui screenshot dari smartphone android maupun komputer desktop sudah kami serahkan ke penyidik sebagai bukti,” terang Dedi Fatius.

Sebenarnya, kata dia, kliennya termasuk sabar dihujat secara berulang-ulang selama dua bulan terakhir ini. “Karena sudah kelewatan, akhirnya mengambil tindakan hukum dengan cara melaporkan mereka ke polisi, agar ada efek jera,” tegasnya.

Sementara berdasarkan data yang beredar, keempat pemilik akun Facebook yang dilaporkan itu adalah berinisial IMS, BSN alias B, PP alias ME, dan BD.

BACA JUGA:

Dituduh Korupsi dan Selingkuhi Istri Orang, Wali Kota Sukabumi Laporkan Empat Akun Facebook

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Pantau Jalannya UNBK SMK

Walikota Sukabumi: Masih Ada Instansi Kedul Informasikan Prosedur Layanan Publik

Salah satu akun Facebook yang diduga mencemarkan nama baik dan menghina Walikota Sukabumi Mohamad Muraz, Budi Muhammad Darmawan angkat bicara dan mempertanyakan subtansi mana yang dinilai menghina wali kota tersebut.

“Saya baru dapat informasi dari teman-teman dan media via pesan singkat. Meski media tidak menyebutkan nama dalam pemberitaan tersebut, tapi dengan melontarkan pertanyaan itu ke saya, saya merasa salah satu yang dilaporkan,” terang Budi Darmawan.

Mengenai hal yang dilaporkan, ujarnya, kurang jelas subtansinya. Ia mengaku sedang mempelajari pengaduan itu dengan pengacaranya. “Bukti yang dianggap menyudutkan dan menemarkan nama baik sedang kami pelajari. Semua aman-aman saja,” paparnya.

Ia menyebutkam, siap mencari kebenaran apakah memang subtansinya  menyerang secara pribadi atau hanya sekadar mengkritisi kebijakaan.

“Selama ini yang saya pahami hanya sebatas kebijakan. Untuk unsur penghinaan bisa dicek di akun Facebook saya. Bisa dilihat di akun Facebook saya medio Agustus 2016 hingga Februari 2017,” tegasnya.

Budi mengaku, dalam akun Facebook-nya, selalu menyoroti persoalan pasar, kemacetan, pembangunan dan sebagainya. “Soal laporan, saya siap diperiksa. Sampai saat ini saya belum menerima surat pemanggilan dari pihak kepolisian,” katanya.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sukabumi Kota, Ajun Komisaris besar Polisi (AKBP) Rustam Mansur, membenarkan telah menerima laporan pencemaran nama baik oleh pengguna media sosial terhadap Mohamad Muraz. “Masih dalam penyelidikan,” singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)