Menu

07 Agu 2018, 22:18 WIB

Pencurian Kotak Amal di Masjid Birrul Walidain Kota Sukabumi Tak Hanya Sekali

Pengurus masjid menunjukan kotak amal yang menjadi sasaran pencurian. | Sumber Foto:Herlan Heryadie

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi pencurian kotak amal yang terekam CCTV di Masjid Birrul Walidain, Jalan Ciaul Pasir RT 03/17 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, ternyata bukan hanya sekali saja terjadi.

Wakil Ketua DKM Masjid Birrul Walidain, Aulia Abdussyukur menuturkan, pencurian kotak amal di masjid tersebut sudah terjadi berulang kali. Hal itu yang mendasari DKM memasang tiga kamera CCTV di dalam dan di luar masjid.

BACA JUGA: Maling Kotak Amal Terekam CCTV di Sukabumi, Pelaku Ikut Shalat Namun Tengok Kanan-Kiri

Diduga, aksi pencurian tersebut masih dilakukan oleh pelaku yang sama.

"Ini pencuri kayaknya masih yang kemarin-kemarin. Soalnya ini kotak amal pernah dibobol juga sebelumnya. Sudah kejadian berkali-kali sebelum ada CCTV," ungkap Aulia kepada sukabumiupdate.com, Selasa (7/8/2018).

Aulia menyebut, si pencuri juga terbilang nekat. Pasalnya, aksi pencurian dilakukan siang hari, dimana banyak orang beraktivitas di sekitaran masjid. Pencuri juga menyadari di masjid tersebut telah dipasangi kamera CCTV. Belum lagi, ada petugas keamanan yang berjaga di pos security.

Adapun dari kejadian yang sudah terjadi, uang yang dicuri dari kotak amal tak sampai Rp 100 ribu.

"Padahal kalau dihitung mungkin tidak seberapa uangnya. Setiap hari Jumat uang di kotak amal selalu langsung kita amankan. Apalagi kalau ada uang pecahan Rp 100 ribu atau Rp 50 ribu, langsung kita amankan. Yang dicuri paling pecahan Rp 2 ribu atau Rp 5 ribu, sama uang logam. Kalau dikumpulkan, paling enggak sampai Rp 100 ribu," lanjut Aulia.

BACA JUGA: Polres Sukabumi Kota Bekuk Tiga Pelaku Curas Pengusaha Kontrakan, Korban Diancam Golok

Rekaman CCTV saat maling beraksi ini sengaja disebar Aulia ke Facebook. Setelah itu identitas pelaku terungkap melalui komentar dan inbox. Meski sudah mengetahui identitas pelaku, DKM masjid, tetap menyerahkan proses selanjutnya kepada pihak kepolisian. Ia berharap, polisi bisa segera menangkap si pencuri dan memberi efek jera, serta tidak kembali nekad mencuri uang kotak amal di masjid.

"Di Facebook juga ada yang memberi tahu kalau si pelaku juga mencuri di Masjid yang ada di Gang Isnen, Sriwedari tahun 2016. Banyak yang nge-inbox. Masjid dekat sini juga sama, kecurian. Selanjutnya, kita serahkan kepada aparat yang berwenang. Hari ini juga ada polisi datang, setelah ramai di medsos," imbuhnya.

BACA JUGA: Maling Handphone di Cibadak Sukabumi Tertangkap saat Beli Nasi Goreng

Jika pelaku sudah tertangkap, Aulia ingin memberikan sedikit nasihat dan dakwah kepada si pencuri agar tak lagi melakukan aksinya tersebut. Apalagi sampai kembali membobol kotak amal di masjid.

"Ingin beberapa menit menasihati, memberi tahu kalau yang dia lakukan itu kedzaliman. Apabila ada suatu kedzaliman, maka cegahlah. Baik itu yang didzalimi maupun yang berbuat dzalim. Kasihan dia kalau begitu terus," pungkas Aulia.

Reporter : HERLAN HERYADIE
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Memperingati Hari Sepeda Sedunia, Gerakan Bike to Work (B2W) Indonesia mengeluarkan protokol kesehatan dalam bersepeda untuk mencegah Covid-19 di era new normal. "Hari sepeda sedunia ini B2W tidak...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan penambahan pasien baru Covid-19 hari ini, Rabu, 3 Juni 2020, mencapai 684 orang. "Sehingga total menjadi 28.233 kasus," kata...

SUKABUMIUPDATE.com - Setidaknya 127 wartawan di 31 negara di dunia meninggal setelah terinfeksi virus corona dalam tiga bulan terakhir. Lembaga nirlaba yang bermarkas di Jenewa, Swiss, Press Emblem Campaign...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut insentif bagi tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 baru cair Rp 10,45 miliar dari total Rp 5,6 triliun. Dia menjelaskan dana Rp 10,45...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya