Pencurian Kotak Amal di Masjid Birrul Walidain Kota Sukabumi Tak Hanya Sekali

Selasa 07 Agustus 2018, 15:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi pencurian kotak amal yang terekam CCTV di Masjid Birrul Walidain, Jalan Ciaul Pasir RT 03/17 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, ternyata bukan hanya sekali saja terjadi.

Wakil Ketua DKM Masjid Birrul Walidain, Aulia Abdussyukur menuturkan, pencurian kotak amal di masjid tersebut sudah terjadi berulang kali. Hal itu yang mendasari DKM memasang tiga kamera CCTV di dalam dan di luar masjid.

BACA JUGA: Maling Kotak Amal Terekam CCTV di Sukabumi, Pelaku Ikut Shalat Namun Tengok Kanan-Kiri

Diduga, aksi pencurian tersebut masih dilakukan oleh pelaku yang sama.

"Ini pencuri kayaknya masih yang kemarin-kemarin. Soalnya ini kotak amal pernah dibobol juga sebelumnya. Sudah kejadian berkali-kali sebelum ada CCTV," ungkap Aulia kepada sukabumiupdate.com, Selasa (7/8/2018).

Aulia menyebut, si pencuri juga terbilang nekat. Pasalnya, aksi pencurian dilakukan siang hari, dimana banyak orang beraktivitas di sekitaran masjid. Pencuri juga menyadari di masjid tersebut telah dipasangi kamera CCTV. Belum lagi, ada petugas keamanan yang berjaga di pos security.

Adapun dari kejadian yang sudah terjadi, uang yang dicuri dari kotak amal tak sampai Rp 100 ribu.

"Padahal kalau dihitung mungkin tidak seberapa uangnya. Setiap hari Jumat uang di kotak amal selalu langsung kita amankan. Apalagi kalau ada uang pecahan Rp 100 ribu atau Rp 50 ribu, langsung kita amankan. Yang dicuri paling pecahan Rp 2 ribu atau Rp 5 ribu, sama uang logam. Kalau dikumpulkan, paling enggak sampai Rp 100 ribu," lanjut Aulia.

BACA JUGA: Polres Sukabumi Kota Bekuk Tiga Pelaku Curas Pengusaha Kontrakan, Korban Diancam Golok

Rekaman CCTV saat maling beraksi ini sengaja disebar Aulia ke Facebook. Setelah itu identitas pelaku terungkap melalui komentar dan inbox. Meski sudah mengetahui identitas pelaku, DKM masjid, tetap menyerahkan proses selanjutnya kepada pihak kepolisian. Ia berharap, polisi bisa segera menangkap si pencuri dan memberi efek jera, serta tidak kembali nekad mencuri uang kotak amal di masjid.

"Di Facebook juga ada yang memberi tahu kalau si pelaku juga mencuri di Masjid yang ada di Gang Isnen, Sriwedari tahun 2016. Banyak yang nge-inbox. Masjid dekat sini juga sama, kecurian. Selanjutnya, kita serahkan kepada aparat yang berwenang. Hari ini juga ada polisi datang, setelah ramai di medsos," imbuhnya.

BACA JUGA: Maling Handphone di Cibadak Sukabumi Tertangkap saat Beli Nasi Goreng

Jika pelaku sudah tertangkap, Aulia ingin memberikan sedikit nasihat dan dakwah kepada si pencuri agar tak lagi melakukan aksinya tersebut. Apalagi sampai kembali membobol kotak amal di masjid.

"Ingin beberapa menit menasihati, memberi tahu kalau yang dia lakukan itu kedzaliman. Apabila ada suatu kedzaliman, maka cegahlah. Baik itu yang didzalimi maupun yang berbuat dzalim. Kasihan dia kalau begitu terus," pungkas Aulia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)
Sukabumi26 April 2024, 18:55 WIB

3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Sukaraja Sukabumi, 5 Orang Luka-luka

Berikut kronologi tabrakan beruntun yang melibatkan minibus Daihatsu Sigra dan dua angkot di Sukaraja Sukabumi.
Tabrakan beruntun di Sukaraja Sukabumi ini melibatkan dua angkot dan satu minibus. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)