Menu

20 Jun 2018, 12:22 WIB

Harga Ikan Laut Naik karena Nelayan Masih Libur Lebaran

Aktivitas pedagang ikan di dermaga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Harga ikan laut di pasar ikan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada libur lebaran mengalami kenaikan. Ikan layur yang awalnya Rp 75 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Selain itu, ikan etem Rp 35 ribu per kilogram dari harga Rp 30 ribu. Kenaikan juga terjadi pada etem kecil Rp 25 ribu per kilogram dari harga biasa Rp 20 ribu.

"Naik sekitar 30 persenan, tapi masih dianggap murah dari tahun kebelakang sampai 70 sampai 80 persen," ujar Muhammad Wildan (33 tahun) salah sorang penjual ikan di pasar Palabuhanratu.

BACA JUGA: Wisatawan Banjiri Kawasan Pantai Palabuhanratu, Tukang Tambal Kecipratan Rezeki

Kenaikan harga terjadi karena pasokan ikan dari nelayan kurang. Penyebabnya nelayan masih libur melaut karena lebaran.

"Barangnya lagi kosong ini, karena kebanyakan para nelayan masih menjalani liburan keluarga mungkin," jelas Wildan.

BACA JUGA: Data Sementara, 35 Wisatawan Terseret Ombak Palabuhanratu

Pedagang ikan lainnya, Rendi (28 tahun) menambahkan harga ikan tongkol kini mencapai Rp 30 per kilogram naik sekitar Rp 5000.

Kemudian ikan cumi-cumi Rp 30 ribu per kilogram dari Rp 25 ribu. Kenaikan yang paling tinggi terjadi pada udang laut yang mencapai Rp 400 ribu per kilogram.

BACA JUGA: Masih Pencarian! Wisatawan Asal Cileunyi Bandung Terseret Ombak Palabuhanratu

"Udang laut paling mahal sekarang mah bisa mencapai Rp 100 ribu perkilogram sampai Rp 400 ribu perkilogram karena saat ini bener bener lagi kosong pasokan udangnya," ujar Rendi.

Meski demikian ada beberapa jenis ikan laut yang tak mengalami kenaikan diantaranya kakap merah Rp 90 ribu per kilogram, kakap hitam Rp 70 ribu per kilogram kemudian bawal laut Rp 60 ribu per kilogram termasuk kepiting laut Rp 100 ribu per kilogram.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Mode gelap atau dark mode tengah menjadi tren bagi pengembang aplikasi. Tidak ingin tertinggal, Facebook yang sebelumnya telah meluncurkan mode gelap ke aplikasi Messenger dan situs web...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu pelaku kasus begal warteg Mamoka Bahari di Jakarta Selatan, Heru Wahono tertangkap karena informasi masyarakat yang mengenalinya dari video viral di media sosial dan berita di...

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester United terus berburu gelandang anyar di bursa transfer Januari 2020 ini. Kabar terkini, kubu The Red Devils --julukan Man United-- telah berusaha untuk meminjam gelandang sentral...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi sedang melakukan Helpdesk bagi pasangan calon (paslon) bakal bupati dan wakil bupati yang maju secara independen di Pilkada tahun 2020 mendatang.  Divisi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya