Menu

09 Nov 2019, 16:00 WIB

Buka-bukaan Ketum PSSI Soal Sumber Dana Pembangunan Soccer Camp Cikidang Sukabumi

Ketua Umum PSSI, M Iriawan (kemeja hitam) lokasi yang akan dibangun Soccer Camp di kawasan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/11/2019). | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran petinggi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mendatangi lokasi yang akan dibangun Soccer Camp, di wilayah Desa Bumisari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/11/2019).

Anjangsana dikomandoi langsung oleh Ketum PSSI Mochamad Irawan atau akrab disapa Iwan Bule. Iwan meninjau secara langsung lahan yang akan menopang pembangunan Soccer Camp tersebut. Luasnya sekitar delapan hektare. Lahan berasal dari hibah Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Pieter Tanuri.

BACA JUGA: Tegaskan Bukan PHP, Ketum PSSI Tinjau Lokasi Soccer Camp Cikidang Sukabumi

Berdasarkan planning pembangunan, akan dibangun enam lapangan untuk tempat latihan. Empat lapangan rumput dan dua lapangan sintetis. Fasilitas akan dilengkapi dengan wisma dan infrastruktur khusus untuk meningkatkan kemapuan para atlet.

"Uangnya dari mana? Kalau sudah ada tanahnya, kalau sudah milik PSSI, nanti akan turun bantuan dari FIFA. Mohon doanya mudah-mudahan Soccer Camp bisa terlaksana, yang menjadi kebanggaan kita. Kenapa di sini, di Cikidang, hanya Allah yang tahu," ujar Iwan kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Rencana Soccer Camp PSSI di Cikidang, Apa Kata Bupati Sukabumi

Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat itu menyebut, PSSI merespon FIFA yang akan memberikan bantuan dana untuk fisik dalam pembangunan Soccer Camp.

"Kalau tidak kita respon tentu akan hangus. Besarannya USD 2,8 juta atau setara hampir Rp 40 miliar. Akan dibangun sesuai perencanaan. Satu lapangan bisa memakan biaya sekitar Rp 5-6 miliar. Sisanya untuk wisma dan fasilitas infrastruktur lainnya," bebernya.

BACA JUGA: PSSI Jangan PHP Dong! Lihat Dukungan Warga Cikidang Sukabumi Untuk Soccer Camp

Jika tuntas terlaksana hingga bisa digunakan nantinya, Soccer Camp di Cikidang, Kabupaten Sukabumi adalah pilot project. Artinya, Soccer Camp Cikidang menjadi yang pertama dan satu-satunya ada di Indonesia.

"Sementara di sini dulu, di Cikidang. Mudah-mudahan nantinya banyak insan sepakbola atau pengusaha yang akan memberikan fasilitas atau menghibahkan tanahnya untuk kita. Yang paling penting tanahnya dulu," lanjutnya.

BACA JUGA: Penampakan Lokasi yang Rencananya Dibangun Soccer Camp PSSI di Cikidang Sukabumi

Iwan menargetkan tahun depan Soccer Camp PSSI di Cikidang sudah bisa digunakan tahun depan, seiring dengan finalisasi pembangunan Jalan Tol Bocimi.

"Target pengerjaan, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita pakai sejalan dengan jalan tol selesai. Nanti mungkin akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus di Jawa Barat, selain Pangandaran yang memang sudah ditetapkan," tandas Iwan.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah daerah di Sukabumi diminta cepat merespon kasus-kasus gesekan warga dan pelaku rentenir (bank emok). Dinas terkait diminta menertibkan praktik rentenir berkedok koperasi, karena menurut Lina Ruslinawati...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi Maman Abdurrahman mengatakan, lahan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kecamatan Cikidang akan bertambah menjadi 888 hektare dari lahan...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hendar Darsono melakukan reses I tahun Sidang 2019-2020 pada awal Desember 2019 lalu. Banyak yang menjadi catatan pada reses tersebut. Ada delapan titik...

SUKABUMIUPDATE.com - Para ilmuwan telah menciptakan tingkatan lain dari kelas robot. Tidak terbuat dari logam, plastik, dan kabel, tetapi robot ini seluruhnya terbentuk dari sel-sel hidup. Dilaporkan dalam jurnal PNAS,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya