Bukan Ditolak, Warga Sukabumi Serahkan Bansos Jabar Untuk Tetangga yang Lebih Butuh

Minggu 03 Mei 2020, 08:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian daerah sudah menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

Terkait bansos tersebut, ada hal menarik di Kampung Nagrak Tengah RW 002, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, dimana beberapa Kepala Keluarga (KK) yang merasa tidak layak menerima secara ikhlas membagikan kembali bansos kepada tetangganya karena dianggap lebih membutuhkan.

BACA JUGA: Menanti Bansos Covid-19 Dari Pemda Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jelang PSBB

Kasi Kesejahteraan Desa Nagrak Risman Hermawan mengatakan, kejadian tersebut berawal dari kenyataan yang menyebutkan hanya sekian persen dari total KK di Jawa Barat yang menerima bansos tersebut. Untuk diketahui, bansos yang akan diterima per KK itu nilainya Rp 500 ribu selama 4 bulan. Bansos ini terbagi atas Rp 350 ribu dalam bentuk sembako dan Rp 150 ribu dalam bentuk tunai.

"Penduduk di Jawa Barat itu berjumlah sekitar 12,5 juta KK. Tetapi, yang akan dibagi itu berjumlah 1 juta KK. Berarti kan jelas penghitungannya itu kurang dari 10 persen," jelas Risman kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/5/2020).

BACA JUGA: Data Semrawut, Kades Berkah Sukabumi Beberkan Kacaunya Bansos Gubernur

Adapun jatah bansos untuk Kabupaten Sukabumi hanya 75 ribu KK yang kemudian dibagi 47 kecamatan. Menurut Risman, jumlah KK yang mendapatkan bansos di Kecamatan Cisaat sebanyak 1.521 KK, sedangkan di Desa Nagrak hanya 114 KK yang menerima bansos. Desa Nagrak sendiri memiliki 44 RT dan 9 RW.

Risman menyebut, data tersebut belum dipotong oleh data ganda, data double penerima BPNT dan PKH, data orang meninggal yang tanpa ahli waris. Data-data tidak valid ini yang belakangan ini diprotes oleh para kepala desa di Kabupaten Sukabumi

BACA JUGA: Agar Tak Salah Sasaran, Kades di Palabuhanratu Verifikasi Data Penerima Bansos Covid-19

Dari jatah 114 KK penerima bansos gubernur itu, setelah dibagi per RT hasilnya di RW 002 hanya ada 5 KK yang dapat bansos.

Dilihat dari 5 KK, 3 diantaranya dirasa layak menerima bansos dan 2 diantaranya kurang layak untuk mendapat bantuan. "Kalau dilihat dari keadaan masing-masing KK, ada 3 yang benar-benar layak dan 2 tidak layak atau yang tidak tepat sasaran," jelasnya.

BACA JUGA: Bertemu Dandim dan Kapolres, Apdesi Kabupaten Sukabumi Curhat Data Penerima Bansos

Risman kemudian berembuk dengan ketua RW tentang 5 KK penerima bansos tersebut. Setelah itu, pihaknya kemudian memberitahu 2 KK tersebut akan menerima bansos itu. 2 KK itu memutuskan mengambil bansos yang diberikan karena sayang bila dikembalikan atau ditolak.

Namun setelah diambil paket bansos oleh 2 KK itu diserahkan kembali kepada ketua RW kepada tetangga yang lebih membutuhkan.

BACA JUGA: Menyimak Simulasi Bansos Covid-19 di Sukabumi Termasuk Dari Dana Desa

"Katanya di sini tetangga yang kondisi ekonominya di bawah mereka masih banyak, sehingga lebih baik 2 paket bansos tersebut diambil dan diserahkan ke Pak RW, untuk selanjutnya diserahkan kepada tetangganya yang lebih membutuhkan," papar Risman.

Dua paket bansos sembako dari 2 KK tersebut kemudian disatukan dan dibagi dalam 12 paket atas kesepakatan bersama termasuk dengan pasukan RW 002 Siaga. Namun ternyata, setelah dihitung-hitung cuma sedikit yang didapat, kemudian uang tunai bansos dari 2 KK itu dibelikan lagi sembako hingga isi 12 paket itu mendekati cukup dan beruntungnya ada dermawan yang bersedia menambah kekurangan sembako tersebut.

12 paket sembako itu dibagikan kepada warga yang membutuhkan di 5 RT yang ada di RW 002.

BACA JUGA: Beda dengan Apdesi, Kades Di Kecamatan Cisaat Sukabumi Terima Bansos Jabar

"Pada malam tadi kami beserta Pak RW dan Pasukan RW 002 Siaga mengunjungi dan memberikan santunan tersebut kepada orang yang benar membutuhkan. Tercatat ada 10 orang jompo dan 2 keluarga yang tidak mampu. Dari sanalah saya sadar, dalam menyikapi pandemi ini semua merasakan dampaknya dan harus bijak," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi02 Mei 2024, 13:52 WIB

Rumah Panggung Ambruk Milik Janda Di Kalibunder Sukabumi Akan Dibangun Swadaya

Rumah tidak layak huni, milik seorang janda dengan dua orang anak perempuan, di Kampung Cisaat Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi ambruk karena konsidinya sudah reyot.
Forkopimcam Kalibunder dan tagana saat cek lokasi | Foto : Ragil Gilang
Jawa Barat02 Mei 2024, 13:47 WIB

Silaturahmi LP3H EWI Jawa Barat dengan Satgas Halal Kemenag RI Provinsi

LP3H EWI Provinsi menyampaikan rencana kerja secara umum dan berharap kiprahnya dapat berkontribusi positif bagi suksesnya WHO24 khususnya di Provinsi Jawa Barat.
Pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke Satgas Halal Kemenag RI Provinsi Jawa Barat. | Foto: Istimewa
Internasional02 Mei 2024, 13:46 WIB

Dunia Heboh Vaksin Covid-19 Picu Kematian, Gugatan Class Action untuk AstraZeneca

Media massa dunia sejak beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kabar penyakit langka yang dipicu oleh vaksin covid-19.
dokumentasi program vaksinasi covid-19 di Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life02 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Kunci Selalu Sabar dan Tegar dalam Menghadapi Cobaan Hidup, Ini Caranya!

Menghadapi masalah dengan sabar dan tegar merupakan keharusan sebagai hamba yang beriman. Ini dapat membantu melegakan pikiran dan menenangkan jiwa.
Ilustrasi. Cara agar selalu sabar menghadapi cobaan hidup. Sumber foto : Pexels/ArinaKrasnikova
Arena02 Mei 2024, 13:29 WIB

Suci Aulia Asal Kota Sukabumi Gagal Seleksi Liga Voli Korea, Gaji Rp1,94 M Melayang

Jika terpilih, Aulia Suci Nurfadila dan Yolla Yuliana sebagai pemain pertama kali dikontrak berhak atas gaji sebesar Rp 1,94 miliar atau US$ 120 ribu. Namun, keduanya gagal.
Suci Aulia Nurfadila, Pemain Bola Voli asal Kota Sukabumi | Foto : Instagram @auliasuciii21
Sukabumi02 Mei 2024, 13:09 WIB

Dicekik, Disodomi dan Dibunuh! Fakta Tewasnya Bocah Laki-laki di Kadudampit Sukabumi

Korban pergi ke rumah H bersama temannya yang lain dan terduga pelaku.
Konferensi pers kasus tewasnya bocah laki-laki berinisial MA (7 tahun) asal Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/5/2024) di Mapolres Sukabumi Kota. Polisi memperlihatkan barang bukti. | Foto: SU/Asep Awaludin