Menu

Selasa, 06 Agustus 2019, 14:07 WIB

Kreatifitas Asep, Warga Cidadap Sukabumi Buat Miniatur Rumah dan Kapal dari Bambu 

Asep Dandan, warga Kampung Cisaar RT 09/02, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, pembuat miniatur rumah dan kapal. | Sumber Foto:CRP 2.

SUKABUMIUPDATE.com - Bambu mempunyai berbagai fungsi, bisa sebagai material bangunan bahkan aksesoris rumah yang cantik. Tidak percaya? Yuk buktikan.

Di rumah yang berada Kampung Cisaar RT 09/02, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Asep Dandan membuat miniatur rumah dan miniatur kapal berbahan bambu dengan alat tradisional. Asep memulai kerajinan membuat miniatur rumah dan kapal awal tahun 2019.

BACA JUGA: Di Tangan Pemuda Desa Loji, Sampah Kayu dari Pesisir Pantai Disulap Jadi Bunga Cantik

Asep pada awalnya membuat perabotan rumah seperti hihid dan cetok (caping bambu). Namun hasil dari usahanya itu dianggap kurang hingga Asep merantau ke daerah Depok untuk bekerja.

"Awal tahun 2019 ini saya pulang ke rumah dan mempunyai inspirasi ingin membuat kerajinan hingga dibuatlah kerajinan berbahan dasar bambu ini, disamping itu saya juga sekarang kerja sebagai tukang bangunan," ujar Asep.

BACA JUGA: Harga Murah Produksi Menyusut, Nasib Pengrajin Gula Kelapa di Cidadap

Karena bekerja sebagai tukang bangunan, Asep tidak terlalu fokus membuat miniatur rumah dan kapal. Namun kedepannya Asep ingin memproduksi banyak miniatur rumah dan kapal bahkan membuat maket jembatan dan gedung.

Untuk membuat sebuah miniatur dibutuhkan waktu dua minggu kalau setiap hari dikerjakan. Tapi karena Asep bekerja sebagai tukang bangunan maka pembuatan miniatur tersebut dikerjakan di waktu senggang saja.

BACA JUGA: Mengintip Pembuat Anyaman Kuda Lumping untuk Anak di Cidadap Sukabumi

Asep mengakui, membuat miniatur rumah dan kapal membutuhkan proses yang lama seperti pemilihan bambu kemudian pemotongan. Adapun bambu yang dipakai itu jenis bambu tali.

"Untuk sekarang kerajinan ini belum saya jual, sebetulnya sempat ada yang nanya-nanya dan ingin tetapi gak jadi-jadi entah kenapa, namun kedepannya mungkin ketika saya membuat kerajinan ini lebih banyak dan lebih bagus lagi, kemudian saya akan mencoba menjualnya untuk sekitar wilayah Cidadap saja dulu," jelasnya.

BACA JUGA: Keset Kain Bekas Ini Bikinan ODGJ Palabuhanratu Lho!

Untuk mewujudukan harapannya, Asep ingin ada wadah para pengrajin anyaman bambu dan kerajinan lainnya. Wadah tersebut juga memfasilitasi penjualan hasil kerajinan.

Reporter : CRP 2
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Setelah kalah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, warga yang tergabung Forum Warga Sirnaresmi Melawan (FWSM) kembali menyiapkan amunisi baru mengugat keberadaan PT Semen Jawa. Selain...

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Ulang Tahuh (HUT) atau Milad ke-28 tahun Berkah Baru Toserba, Minggu (4/8/2019) dilangsungkan di Lapang Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Acara yang juga digelar dalam memperingati HUT...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya