Pemkab Sukabumi Minta Jembatan Gantung Situ Gunung dan Cimalati Ditutup, yang Lain?

Selasa 17 Maret 2020, 08:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi melakukan antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan meminta agar pengelola objek wisata jembatan gantung atau suspension bridge Situ Gunung, Kadudampit agar ditutup sementara. Selain jembatan gantung, hal juga berlaku kepada taman rekreasi kolam renang Cimalati Cicurug. 

Surat dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi tertanggal 17 Maret 2020 itu ditujukan kepada Kasi PTN Situ Gunung Balai Besar (BB) Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), kemudian kepada pimpinan PT Fontis Aquam Vivam dan Pengelola Taman Rekreasi Cimalati. PT Fontis Aquam Vivam ini merupakan pengelola objek wisata jembatan gantung atau suspension bridge. 

BACA JUGA: Pengunjung Turun Akibat Corona, Aturan Baru ke Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Di dalam surat itu ada dua poin penting yaitu menutup sementara tempat rekreasi sejak hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan waktu yang ditentukan. Kemudian menunda sementara kegiatan-kegiatan yang melibatkan pengerahan masa di lingkungan tempat rekreasi mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan waktu yang belum ditentukan. 

Kepala Dinas Pariwisata Usman Jaelani membenarkan surat tersebut. Menurut Jaelani, penutupan sementara objek wisata juga di berlakukan untuk objek-objek wisata lain yang ada di kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Menikmati Jembatan Gantung Kedua di Situ Gunung Sukabumi, Bisa Urai Antrian

"Iya benar kami sudah mengedarkan surat pemberitahuan kepada pengelola PTN Situgunung, PT Fontis Aquam Vivam, serta pengelola rekreasi Cimalati," ujar Usman kepada sukabumiupadate.com, Selasa (17/3/2020).

Surat pemberitahuan yang ditanda tanganinya, menurut Usman, berdasarkan surat keputusan Presiden RI, surat edaran Kementerian Kesehatan, surat edaran Gubernur Jabar nomor 400/27/HUMKAM, kemudian surat edaran Gubernur Jabar nomor 400/25/UM tentang penutupan sementara fasilitas umum dan penundaan kegiatan tertentu di lingkungan Pemda Provinsi Jabar. Selain itu berdasarkan surat Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia nomor 800/1403-KDP.

BACA JUGA: Content Creator Tahun Baruan di Situ Gunung Sukabumi, Ada yang Dari Malaysia dan Singapura

"Tentunya sebagai tindak lanjut yang di atas itu dalam rangka mendukung dan aksi pencegahan penyebaran virus Covid 19, sebaiknya pengelola obyek obyek wisata mengikuti Himbauan pemerintah untuk keamanan semua. Untuk itu kepada masyarakat atau wisatawan juga sebaiknya mengikuti himbauan pemerintah untuk menunda giat wisatanya sampai batas waktu 14 hari," tandasnya.

Dihubungi terpisah, Direktur PT Fontis Aquam Vivam Dede As'ad Komarudin menegaskan objek wisata jembatan Situ Gunung siap mengikuti aturan pemerintah terkait penyebaran Covid-19. "Kalau soal ditutup kita masih menunggu keputusan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dan surat permintaan Pemkab melalui Dinas Pariwisata sudah kami terima termasuk oleh pihak resort," jelasnya.

BACA JUGA: Ini Antrian Wisatawan Libur Natal 2019 di Suspension Bridge Situ Gunung Sukabumi

Menurut Dede, sejak diberlakukannya status bencana kesehatan, objek wisata Situ Gunung sudah menyiapkan sejumlah fasilitas pencegahan, mulai dari thermal scanner hingga sabun cuci tangan dan masker gratis bagi pengunjung. "Pengunjung pun jauh berkurang sejak wabah corona ini mulai banyak menyebabkan korban di Indonesia,”pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist