CP UGGp Bebas Sampah Plastik, Jamkrindo Rangkul Siswa SDN Batusapi Palabuhanratu

Jumat 14 Februari 2020, 07:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mengunjungi SD Negeri Batusapi, Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi

BACA JUGA: Intip Delapan Program Pemberdayaan Berkelanjutan di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Kedatangannya itu, selain memberikan bantuan peralatan sekolah dan perlengkapan penunjang untuk pengecatan bangunan, Perum Jamkrindo juga memberikan bimbingan kepada ratusan anak akan pentingnya menjaga lingkungan bersih dari sampah.

"Alhamdulillah kami sangat bahagia, anak anak didik begitu riang atas bantuan yang diberikan. Terutama saat diberikan pengetahuan, bagaimana membedakan sampah organik dan anorganik," ujar salah seorang guru SDN Batusapi, Iday Sopian kepada sukabumiupdate.com, Jumat (14/2/2020).

Pengecatan SD Negeri Batusapi, Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.//FOTO: NANDI

Ia berharap setelah mendapatkan pembelajaran pemilahan sampah dari Perum Jamkrindo, menambah wawasan bagi anak-anak didiknya. "Mudah-mudahan bisa menularkan juga di lingkungan masyarakat pentingnya menjaha kebersihan lingkungan," tandasnya.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, kehadirannya itu sebagai salah satu wujud dukungan dan komitmen terhadap kampanye Indonesia bebas sampah plastik 2025, serta program pembangunan berkelanjutan.

Apalagi material plastik, kata Randi butuh waktu lama untuk terurai, produk berbahan plastik akan terus ada dan menumpuk di dunia dalam waktu yang lama. Maka dari itu, persoalan sampah plastik menjadi masalah global yang dewasa ini mendapat perhatian serius dari banyak negara.  

BACA JUGA: Hijaukan GCP Sukabumi, Program Bebas Sampah Plastik Dimulai Dari Pantai Palangpang

Oleh karena itu, Perum Jamkrindo menginisiasi kegiatan edukasi gaya hidup hijau di sekolah-sekolah Sukabumi, tepatnya di delapan kecamatan yang masuk wilayah Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

"Hari ini serentak sebanyak 22 peserta program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) diterjunkan untuk melakukan edukasi di sekolah-sekolah. Tujuanya, untuk menambah wawasan mengenai kecintaan terhadap lingkungan, meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai, dan mendaur ulang sampah plastik," jelas Randi.

Ia menegaskan, kegiatan sosial ini merupakan salah satu upaya perusahaan berkontribusi dalam peningkatan kualitas SDM Indonesia. Sekaligus rangkaian HUT ke-50 Perum Jamkrindo bertema, 'untuk terus berkontribusi bagi negeri', serta melanjutkan program pemberdayaan masyarakat berbasis kampanye anti sampah plastik di Geopark Ciletuh.

"Program Ciletuh berkelanjutan merupakan komitmen kami untuk terus berkontribusi bagi negeri. Selain memberikan edukasi, peserta PMMB juga melaksanakan kegiatan sosial penataan kawasan, pengecatan bangunan sekolah dan juga memberikan tambahan bekal wawasan kepada siswa/i melalui pemberian buku bacaan," paparnya.

Sebelumnya, sambung dia telah dilakukan kegiatan seperti penghijauan di Pantai Palampang, edukasi sampah plastih di lokasi wisata dan pusat UMKM di sekitar lokasi wisata, serta penyediaan tempat sampah dan papan edukasi bahaya sampah plastik.

BACA JUGA: Saatnya Masyarakat Jadi Kunci Pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu

"Kami sudah melaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah. Bahkan ke daerah-daerah yang cukup jauh di luar Jawa. Sebagai bentuk partisipasi kami terhadap upaya-upaya pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan. Saat ini kami terus intensif melaksanakan kegiatan di Geopark Ciletuh," ungkapnya.

Sementara itu Direktur MSDM Umum dan Kepatuhan Jamkrindo, Sulis Usdoko menambahkan keterlibatan peserta PMMB bertujuan untuk membekali dan meningkatkan emotional dan sosial skill peserta PMMB.

"Program PMMB Jamkrindo tidak hanya dilakukan semata-mata untuk memberikan kesempatan bagi para talenta muda terjun langsung ke dunia kerja. Tetapi ingin menyiapkan para generasi penerus bangsa yang memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial."

Sehingga ke depan peserta tersebut bisa menjadi pemimpin, yang dapat menghasilkan dampak signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan perekonomian sosial selaras dengan visi Jamkrindo.

"Mereka kami bekali untuk menjadi pemimpin masa depan yang memiliki agility untuk menjadi game changers," singkatnya.

Di sisi lain, Ketua HUT Jamkrindo Aribowo menjelaskan, HUT Perum Jamkrindo memiliki beberapa program kerja, yaitu Jamkrindo Peduli Pendidikan, Jamkrindo Peduli Kesehatan, dan Jamkrindo Peduli Sosial. Rangkaian acara, sambung dia sudah dilakukan sejak awal tahun hingga Juli nanti.

"Kedepannya akan ada kegiatan lain seperti mudik gratis, pemberian beasiswa, pemberdayaan masyarakat dan beragam kegiatan positif lainnya," terangnya.

BACA JUGA: 2021 GCP Bersih Sampah Plastik, Apa Langkah Pemkab Sukabumi?

Kabag Humas dan Komunikasi dari Perum Jamkrindo A. Handoko mengatakan, kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark, yang dilakukan oleh Jamkrindo merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

"Diharapkan melalui kegiatan yang dimulai dari peningkatan kesadaran masyarakat, mengenai perlunya menangani sampah plastik, perekonomian masyarakat bisa meningkat."

Kawasan wisata yang bebas sampah plastik bisa memiliki nilai tambah, sehingga menjadi destinasi baru di wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Kampanye anti sampah plastik akan berlanjut ke tujuh kecamatan lain di Kabupaten Sukabumi yang masuk kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Kegiatan kolaboratif di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu itu akan dilaksanakan selama tiga tahun ke depan," terangnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)