Menu

16 Des 2019, 16:45 WIB

Hijaukan GCP Sukabumi, Program Bebas Sampah Plastik Dimulai Dari Pantai Palangpang

Aksi bersih-bersih dan penanaman ratusan pohon dalam acara yang digagas Perum Jamkrindo di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (15/12/2019). | Sumber Foto:RAGIL

SUKABUMIUPDATE.com – Program Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) bebas sampah plastik   di mulai dari Pantai Palangpang, Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Program GCP clean and green ini adalah rekomendasi UNESCO yang harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi. 

Secara simbolis, program yang ditarget selesai pada tahun 2021 ditandai dengan penanaman ratusan pohon  jenis katapang, akor dan butun di garis pantai Palangpang, hari Minggu kemarin (16/12/2019). Ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat; pelajar, komunitas, pengusaha wisata dan aparat desa terlibat dalam aksi simbolis, yang juga melakukan pemasangan tempat sampah daur ulang di kawasan wisata teluk Ciletuh.

BACA JUGA: Saatnya Masyarakat Jadi Kunci Pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Program 2021 GCP bebas sampah plastik ini dilakukan Pemkab bersama Perusahaan Umum (Perum) Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia). Tak hanya soal pungut sampah, program ini menitikberatkan pada konsep perbedayaan masyarakat setempat, sehingga harus ada dampak ekonomi yang dirasakan langsung oleh warga yang terlibat.

"Kami yakin bahwa melalui upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kelestarian, kawasan geopark akan menjadi destinasi yang memberi nilai tambah, apalagi jika benar-benar bisa clean dari sampah plastik,” ungkapDirektur Perum Jamkrindo, Sulis Usdoko.

Dalam acara ini hadir juga anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ujang Abdurrohim Rochmi, Kepala Bagian Kerja Sama Kabupaten Sukabumi Yudi Pancayoga, Sekretaris Perusahaan Perum Jamkrindo Abdul Bari, serta Kepala Desa Ciwaru Taopik Guntur Rochmi.

Kepala Desa Ciwaru, Taopik Guntur Rochmi mengaku siap menggerakkan masyarakat untuk terlibat dalam program yang akan berkelanjutan ini. Pengelolaan sampah plastik di GPC sendiri akan menggunakan konsep bang sampah, sehingga banyak warga yang bisa langsung merasakan dampak ekonominya. 

“Kami yakin kolaborasi ini akan menghasilkan sesuatu yang baik dan kami masyarakat Ciletuh siap menjaga lingkungan kami dari sampah plastik," ujar Taopik kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: 2021 GCP Bersih Sampah Plastik, Apa Langkah Pemkab Sukabumi?

Tempat sampah hasil daur ulang drum yang disebar dalam aksi ini, adalah hasil lukisan cat bekerja sama dengan komunitas setempat, berikut plang papan edukasi soal jenis jenis sampah. Fasilitas edukasi tentang sampah plastik ini dipasag  diletakkan di beberapa titik selain di Pantai Palangpang, yaitu Curug Sodong, Curug Cimarinjung dan Puncak Darma.

Selain Ciemas, kegiatan ini juga akan dilakukan tujuh kecamatan lainnya yang masuk kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Hal ini menjadi bagian dari kesepakatan bersama antara Perum Jamkrindo dan Pemkab Sukabumi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Geopark Ciletuh Palabuhanratu dengan durasi selama tiga tahun, dan target realisasi 2021.

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Nazwa Nur Afifah (15 tahun) gadis belia asal Kampung Anggayuda RT 04/11 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi dilaporkan hilang. Kabar kehilangan tersebut dilaporkan pihak keluarga ke...

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mendatangi lokasi bencana puting beliung di Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/1/2020). Marwan meninjau langsung kondisi bangunan yang terdampak bencana...

SUKABUMIUPDATE.com - Lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat. Buah ini telah terbukti membantu mendukung kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan kesehatan pencernaan. Terlepas dari peran...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Palabuhanratu menyebut tak ada fenomena alam tertentu di pesisir Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi. BACA JUGA: Bangkai Cacing Laut di Bagalbatre Ujunggenteng Sukabumi,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya