Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Nusa Putra Presentasikan Hasil Penelitian di SEMNASIF 2020  

Rabu 30 Desember 2020, 02:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Nusa Putra M Syukron Nawawi mengikuti kegiatan Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) yang diselenggarakan oleh Universitas UPN Veteran Yogyakarta pada 26 November 2020.

Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti berbagai peserta dari seluruh Indonesia salah satunya mahasiswa dari Sistem Informasi Universitas Nusa Putra. Seminar ini berupa presentasi hasil penelitian mahasiswa.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Raih Top 10 Best Paper di Konferensi Internasional

Sebelum terselenggaranya seminar mahasiswa melalui beberapa tahap agar lolos publikasi dan mengikuti seminar ini. Naskah terpilih akan dipublikasikan pada Jurnal Informatika dan Teknologi informasi yang terindeks SINTA 3. Kemudian akan diterbitkan pula pada prosiding online SEMNASIF 2020 (ISSN,DOI,Google Scholar) oleh Jurusan Teknik informatika UPN “Veteran” Yogyakarta.

"Seminar ini salah satu pemenuhan SKS dalam mata kuliah riset karena dengan adanya program kampus merdeka jadi mahasiswa sudah diharuskan mencari penelitian sendiri. Untuk jurusan Sistem Informasi sendiri dilaksanakan oleh saya sendiri dan juga sekaligus sebagai presenter seminar," ujar M Syukron Nawawi.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukses Gelar Konferensi Internasional ke-6 Kalinya

"Pada awalnya cukup tegang dan grogi karena baru pertama kalinya melakukan presentasi pada seminar nasional, ditambah pada room itu hanya saya seorang mahasiswa satu-satunya dan yang lainnya dosen bahkan ada profesor juga. Setelah beberapa menit saya sudah merasakan tenang dan percaya diri. Hingga berjalan dengan lancar dan mendapatkan feedback cukup baik," ujar M Syukron Nawawi menyampaikan perasaannya setelah seminar berlangsung.

"Walaupun dalam proses penelitian ini saya hanya sendiri berbeda dengan yang lain yaitu dikerjakan berkelompok tetapi saya selalu koordinasi kepada pembimbing saya yaitu bapak Dudih Gustian, dan juga beliau selalu memberikan arahan dan motivasi agar penelitian saya bisa lolos dari tim reviewer di jurnal tersebut. Beliau senantiasa teliti dan sabar dalam membimbing penelitian ini serta  beliau pun sudah berpengalaman dalam hal ini karena beliau termasuk salah satu reviewer juga di beberapa jurnal nasional" ujar M Syukron Nawawi.

BACA JUGA: Keren! Tiga Mahasiswa Universitas Nusa Putra Presentasikan Hasil Penelitian di ICITL 2020

Dudih Gustian selaku pembimbing para mahasiswa ini menyampaikan rasa syukurnya. "Saya sangat senang sekali dan mendukung apa yang telah dilakukan sampai sejauh ini. Dan mudah-mudahan dengan apa yang telah M Syukron Nawawi lakukan dapat menjadi contoh serta penyemangat bagi kelompok lainnya agar tidak sungkan dalam mempresentasikan hasil penelitiannya di forum umum baik seminar nasional maupun internasional. Memang rasa malu, canggung dan grogi akan muncul saat baru pertama presentasi, tapi kedepannya Insya Allah akan terbiasa." ujar Dudih.

"Penelitian ini Insya Allah tidak akan berhenti sampai disini, namun terus akan dikembangkan kedepannya dan rencananya akan diajukan untuk didanai Pemerintah. Mudah-mudahan dengan begitu membuat semangat bagi kami dalam terus mengembangkan ilmu dalam bidang data mining ini," tutup Dudih.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Internasional23 April 2024, 16:00 WIB

Apakah Ada Indonesia? Daftar 10 Negara yang Paling Tidak Aman di Dunia

Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi.
Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa
Internasional23 April 2024, 15:10 WIB

2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan di Udara Saat Latihan, 10 Orang Tewas

Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan dan jatuh saat sesi pelatihan pada hari Selasa, 23 April 2024.
2 Helikopter Malaysia tabrakan di udara saat sesi latihan | Foto : Ist
Sukabumi23 April 2024, 15:04 WIB

One Agency One Innovation, Bupati Sukabumi Bicara Memperkuat Kebijakan Daerah

Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta setiap perangkat daerah dan kecamatan membuat satu program inovasi di setiap tahunnya.
Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2024 Tentang Tata Kelola Inovasi Daerah Tahun 2024, Selasa (23/4/2024) di Aula Hotel Augusta Cikukulu. (Sumber : dokpim kabupaten sukabumi)
Inspirasi23 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, silahkan daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Freelance Administrator, Minimal SMK. (Sumber : Freepik)