Light Dark

Nikmati Panorama Alam Sambil Cicipi Durian di Bukit Sagara Sukabumi

Travel | 17 Jan 2021, 14:30 WIB

Nikmati Panorama Alam Sambil Cicipi Durian di Bukit Sagara Sukabumi

Travel | 17 Jan 2021, 14:30 WIB
Panorama di Bukit Sagara, Kampung Sumur Banung, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (16/1/2021). | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Satu lagi objek wisata di kawasan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi yang menyuguhkan panorama lengkap, mulai dari gunung, rimba, sungai, hingga pantai dan laut.

Namanya Bukit Sagara. Lokasinya memang ada di atas bukit, tepatnya di Kampung Sumur Banung, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak.

Di tempat ini, para pengunjung yang datang disuguhkan pemandangan alam dan kota Palabuhanratu dengan lautnya serta pegunungan yang indah. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhi indahnya berbagai jenis bunga yang disediakan pengelola.

BACA JUGA: 5 Tips Wisata Aman Meski Sudah Ada Vaksin Covid-19, Nomor Dua Sukabumi Banget!

Lalu, ada satu hal yang paling membuat pengunjung berdatangan ke lokasi tersebut, yaitu buah durian. Di area Bukit Sagara, ada 1.500 pohon durian berbagai varietas.

"Jadi memang selain menikmati pemandangan alam kota Palabuhanratu di atas bukit ini, juga bisa sambil menikmari buah durian. Ada 1.500 pohon kami tanam," ujar pengurus kawasan objek wisata bukit Sagara, Hidayat (46 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Minggu (17/1/2021).

"Sebetulnya kami belum siap untuk menerima banyak tamu di Bukit Sagara, namun karena masyakat sangat antusias datang, tidak bisa berbuat banyak. Karena memang sedang pandemi pengunjung wajib menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," lanjut Hidayat.

BACA JUGA: Panorama Jalan Baru Pasir Salam Sukabumi, Warga: New Zealand-nya Indonesia

Bagi yang ingin datang ke Vila Bukit Sagara, dari pusat kota Palabuhanratu patokannya menuju ke arah barat ke Kecamatan Cikakak, atau sekitar 10 menit waktu yang dibutuhkan dari Pasar Ikan Palabuhanratu.

Selanjutnya, langsung menuju ke Kampung Sumur Banung yang berada di Desa Sukamaju. Mengingat kondisi jalan sebagian masih berbatu dan menanjak, lebih nyaman menggunakan kendaraan roda dua. Menggunakan kendaraan roda empat pun bisa hanya saja jalannya sedikit memutar atau sekitar 15- 20 menit waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi dari Kantor Kecamatan Cikakak.

Hidayat melanjutkan, hampir setiap hari pengunjung terus berdatangan, baik lokal maupun luar Sukabumi. Kebanyakan datang hanya untuk menikmati pemandangan alam Palabuhanratu.

BACA JUGA: Bikin Adem, Melihat Hamparan Sawah dan Laut di Bukit Panenjoan Sukabumi

"Untuk tarif masuk kita belum berlakukan. Ada tempat untuk makan. Selain durian, juga ada kelapa, minuman ringan, kopi, dan lainya dengan harga yang terjangkau. Insya Allah ke depan rencana kita akan membangun dan menambah fasilitas lain sebagi penunjang seperti area spot selfi khusus dengan ikon durian dan lainnya," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter