Light Dark

Saat Ikan Cupang Jadi Penopang Hidup, Warga Palabuhanratu Sukabumi Raup Rp 2 Juta per Hari

Produk | 05 Feb 2021, 10:07 WIB
Ikan cupang yang dijual Eka Widya Putra Pratama, warga Kampung Kaum, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Eka Widya Putra Pratama (29 tahun) warga Kampung Kaum, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dalam mendapat penghasilan dari bisnis ikan cupang. 

Eka menyatakan 2019 akhir, merupakan titik awal dari bisnis cupang yang dijalaninya hingga sekarang. Pada 2019 lalu, Ia hanya memiliki dua cupang yang dibeli di pasar. Kemudian dia tertarik untuk ternak cupang, tujuannya dijual kembali untuk memenuhi kebutuhan hidup.

BACA JUGA: Musim Cupang, Aquarium Soliter Akrilik Made in Cicantayan Sukabumi Tembus Malaysia

Bisnis ikan cupang yang dijalani Eka cukup moncer, dalam sehari dia bisa memperoleh penghasilan Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per hari. "Saya menjual ikan cupang jenis Koi Galaxy, Nemo Cooper hingga Blue Rim di jual ada yang dari Rp 5ribu bahkan sampai ratusan ribu juga ada," kata Eka kepada sukabumiupdate.com, Jumat (5/2/2021).

Menurut dia, harga ikan yang dibudidayakannya bervariasi sesuai jenis cupang. Cupang aduan mulai dari Rp 7.000, jenis halfmoon yang ekornya panjang Rp 25 ribuan. Untuk koi galaxy kisaran Rp 50 ribu.

Eka Widya Putra Pratama (29 tahun) warga Kampung Kaum, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menjalani bisnis ikan cupang untuk menopang hidup.

BACA JUGA: Cupang Hias Siap Ekspor di Cicurug Sukabumi Hilang, Pelakunya Para Bocah

Selama belajar pembiakan ikan cupang, Eka mengaku tidak mengalami kesulitan berarti, hanya saja karena membutuhkan banyak air sempat terkendala dalam membudidayakan cupang. "Disini awalnya susah air, tapi saat ini kondisi air sudah aman," imbuhnya.

Sebenarnya budidaya Cupang ini kalau menurut susah tak sulit. Menurut dia, tempat tak perlu tempat luas dan tinggal menyediakan media styrofoam. Kemudian yang diperlukan air yang bagus, tinggal breeding atau pembiakan dan penanganan ikan biasa saja.

BACA JUGA: Kumpul Bersama Pecinta Cupang di Asrama Haji Cikembar Sukabumi

Masih kata Eka, saat ini peminat ikan cupang cukup menjanjikan mulai dari anak anak hingga orang dewasa, sehingga menurutnya hal itu berpengaruh terhadap harga ikan cupang. "Kalau sekarang yang lagi naik itu jenis Koi galaxy, nemo, cooper, bahkan untuk harga cupang blue rim harganya udah di atas Rp 500 ribu dan dimasa pandemi ini penjualan lebih banyak, mungkin karena orang lebih banyak di rumah kali ya," terangnya.

Dalam menjual ikan Cupang, Eka menggunakan media sosial diantaranha Facebook, hal itu dilakukan untuk mengurangi kerumunan di rumahnya sebagai tempat pengembangbiakan ikan cupang. "Di jual melalui Facebook Eka Widya Putra pratama, Alhamdulillah saat ini pesanan ada dari Bali dan Jambi serta wilayah lain di Jabar," bebernya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter