Melihat Proses Perakitan Laptop oleh Siswa Kelas X SMK Doa Bangsa Palabuhanratu

Rabu 27 Maret 2019, 04:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - SMK Doa Bangsa kembali membuat inovasi baru dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membuka kelas industri pada jurusan Rekayasa Perangkat lunak (RPL) yang sudah memasuki tahun kedua. Sebanyak 34 siswa yang tergabung dalam kelas industri Axioo melaksanakan Perakitan laptop Assembly & Disassembly MyBook 14 secara mandiri. 

Tidak heran bila pelajar kelas X kompetensi keahlian RPL terampil dan kompeten dalam merakit sebuah MyBook. Sejak 2017 Sekolah yang terletak di ibu kota Kabupaten Sukabumi ini telah menjalin kerja sama (MoU) dengan Vendor Axioo untuk mendirikan kelas industri Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan saat ini hanya pertama juga satu satunya sekolah di Kabupaten Sukabumi atau Jawa Barat bagian selatan yang dipercaya bekerja sama dengan Axioo. 

Kelas yang diberi nama Axioo Class Program tersebut mulai aktif pada Juli 2017 yang lalu.

Berawal dari harapan pendiri sekaligus Pembina Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB), Ayep Zaki untuk membangun lembaga pendidikan yang memenuhi visi dan misi serta tujuan pendidikan nasional, maka sejak 2011 beliau mendirikan lembaga pendidikan formal yang bernama SMK Doa Bangsa di Palabuhanratu.

BACA JUGA: Awali Tahun Baru Hijriyah, SMK Doa Bangsa Sukabumi Lakukan Baksos Bersihkan Masjid

Adapun dalam proses perakitan laptop tersebut, seluruh spare part, perlengkapan standar dan tools disediakan oleh Axioo untuk siswa yang telah mengikuti program Student Starter Pack (SSP) dan didampingi oleh master dan trainer yang berasal dari unsur Industri dan Sekolah yang tersertifikat. 

Metode yang digunakan untuk perakitan ini dengan tutor sebaya jadi siswa yang merakit laptop akan dipandu oleh tutor yang tidak lain adalah temanya sendiri, tentunya tutor tersebut sudah dibimbing dan dipantau oleh Trainer ACP (Guru yang sudah mendapatkan Lisensi dari Axioo). 

Pembelajaran model seperti inilah yang sangat membantu siswa lebih cepat memahami materi.

Selain hal tersebut siswa harus mematuhi seluruh rangkaian Standard Operating Prosedure (SOP) perakitan yang telah ditetapkan perusahaan. Hal ini sangat penting karena untuk menjaga kualitas perangkat yang telah dirakit, mulai dari persiapan yang meliputi keamanan diri sampai dengan proses troubleshoting peralatan yang dirakit.

Setelah berhasil merakit, laptop tersebut menjadi hak milik siswa dan dapat digunakan pembelajaran sehari-hari. Siswa juga dibolehkan membongkar kembali laptopnya bila dirasa perlu untuk memahami kembali, tentunya harus mengacu Standard Operating Prosedur (SOP).

BACA JUGA: Keren Seperti SMA, SMK Doa Bangsa Borong 6 Piala Albacadabra dan Kompetisi Bola Basket

Selain mendapatkan laptop, siswa yang mendapat SSP, juga mendapatkan hak/kesempatan untuk mengikuti uji sertifikasi bertaraf Internasional dari Microsoft, Mikrotik, Adobe, Ls Cable, Dicoding, Seagate, dan lain-lain gratis tanpa ada biaya. Sebab apabila melakukan ujian mandiri biayanya Cukup Mahal. 

Menurut Trainer ACP SMK Doa Bangsa Irwan Kurniawan, dengan adanya pengakuan sertifikasi internasional akan menjadi modal untuk menaikan nilai jual kompetensi yang dimiliki siswa ke dunia industri. Ini akan berdampak baik pada penyerapan tenaga kerja yang relevan di bidangnya.

"Namun juga tidak mudah untuk mendapatkan Sertifikasi ini. Harus melalui rangkaian ujian online yang soalnya langsung dari vendor (Microsoft, Mikrotik, Adobe, dan lain-lain), sehingga sangat menekankan sekali kepada para siswa binaan akan persiapan serta proses yang semaksimal mungkin agar tujuan tersebut dapat tercapai," tutur Irwan, kepada Sukabumiupdate.com.

Kepala SMK Doa Bangsa Nanda Perdana, berharap dengan membekali siswa materi industri yang relevan dengan kompetensi keahlianya kedepannya akan dikembangkan menjadi teaching factory sebagaimana sejalan dengan program Direktorat Pendidikan SMK.

"Mewujudkan Axioo Class Program hingga berjalan seperti sekarang tidaklah sederhana, maka program ini benar-benar sebuah bentuk kontribusi nyata SMK Doa Bangsa bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya terutama generasi milenial yang benar-benar siap terjun di Industri terutama dalam menghadapi peluang dan tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini," ujar Nanda 

Dalam proses pendirian dan pengoperasionalan kelas ini seluruhnya mengacu pada standarisasi Industri yang telah ditetapkan Axioo. Baik dari sisi ruang kelas (Smart Class Room), perangkat kelas termasuk juga dengan trainer / guru pengampu materi Axioo.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)