Light Dark

4 Dampak Positif Media Sosial untuk Pelajar Jika Digunakan dengan Benar

Gaya Hidup | 11 May 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Dampak Positif Media Sosial untuk Pelajar Jika Digunakan dengan Benar | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Setuju atau tidak, Media Sosial memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk pelajar. Dengan menggunakan Media Sosial pelajar bisa mendapatkan pendidikan yang dibutuhkan.

Meskipun sering banyak dikaitkan dengan hal-hal negatif, penggunaan Media Sosial untuk Pelajar nyatanya juga memiliki begitu banyak dampak positif.


Advertisement

Tidak hanya sekedar mempermudah komunikasi dengan teman, tapi Media Sosial juga dapat membantu para Pelajar menemukan berbagai jenis pelajaran yang mereka minati.

Seperti dilansir oleh suara.com dari laman the asian school dan netsweeper, inilah empat dampak Media Sosial untuk para Pelajar jika digunakan dengan tepat.

Baca Juga :

1. Menjadi Motivasi Belajar Secara Online

photoIlustrasi Menjadi Motivasi Belajar Secara Online - (Freepik)


Advertisement

Di zaman serba digital seperti sekarang, belajar online menjadi salah satu hal yang penting, termasuk media sosial.

Seperti yang kita tahu, terdapat berbagai akun mengenai edukasi yang sangat menarik dan dapat membuat para Pelajar lebih semangat dalam belajar, bahkan pada mata pelajaran yang mungkin awalnya tidak mereka sukai.

2. Menambah Kreativitas

photoIlustrasi Menambah Kreativitas - (Freepik)

Media sosial membantu meningkatkan keterampilan kreatif pada Pelajar dengan cara melihat apa yang orang lain lakukan secara berulang untuk kemudian dilakukan sendiri. 

Salah satu contohnya adalah kemampuan dalam fotografi atau mengedit yang secara tidak langsung terasa selama mengunggah sesuatu ke media sosial.

Banyak siswa memiliki hobi menarik yang kemudian mereka unggah ke Media Sosial dan menerima respons positif sehingga membuat mereka semakin bersemangat.

3. Dapat Meningkatkan Prestasi

photoIlustrasi Dapat Meningkatkan Prestasi - (Freepik)

Manfaat Media Sosial bagi Pelajar lainnya adalah peningkatan prestasi dan pengetahuan melalui data dan informasi yang ditemukan. 

Ketika siswa ditugaskan proyek di sekolah, mereka akan berusaha mengumpulkan informasi dari berbagai Media Sosial yang menurut mereka paling mudah digunakan.

4. Bisa Memperoleh Teman Belajar

photoIlustrasi Bisa Memperoleh Teman Belajar - (Freepik)

Memiliki Media Sosial terhitung cukup penting dan telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. 

Para siswa punya kesempatan memperoleh teman belajar dengan minat yang sama. Ini tentunya akan sangat berharga, terutama bagi mereka yang hobinya jarang diminati orang lain di sekitar mereka.

Sebelum menggunakan media sosial, pastikan bahwa syarat dan ketentuan yang ada telah terpenuhi. Dengan begitu, dampak positif Media Sosial seperti yang dijelaskan di atas dapat benar-benar dirasakan.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah