Light Dark

Ahli Katakan Kacamata Hitam Bisa Jadi Sumber Sakit Kepala, Simak Penjelasannya!

Sehat | 10 May 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi Ahli Ungkap Katamata Hitam Bisa Jadi Sumber Sakit Kepala | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang mungkin sering menggunakan Kacamata Hitam untuk melindungi mata dari silaunya sinar matahari.

Tapi sayangnya, Dr. Andy Hepworth dari Essilor Mengatakan jika tidak semua Kacamata Hitam memberikan perlindungan pada mata. Bahkan, lebih parahnya Kacamata Hitam bisa menjadi sumber sakit kepala.


Advertisement

photoIlustrasi Sakit Kepala - (Freepik)

"Beberapa orang mungkin sudah terbiasa menggunakan Kacamata Hitam dan itu sudah menjadi mode, tapi tak semuanya memiliki fungsi kesehatan yang sama," kata Dr Andy dikutip dari Express oleh suara.com.

Ahli memperingatkan bahwa beberapa Kacamata Hitam murah biasanya tidak melindungi kita dari sinar UV, yang membuat mata tidak mendapatkan perlindungan dari paparan cahaya matahari meskipun memakainya.


Advertisement

Sedangkan, cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan tidak baik untuk kesehatan mata dan bisa mengakibatkan pusing.

"Sakit kepala bisa menjadi gejala umum yang disebabkan oleh terlalu banyak tekanan pada mata," katanya.

Baca Juga :

Dr. Andy menjelaskan matahari memancarkan spektrum panjang gelombang, termasuk cahaya biru yang dapat menyebabkan stres ini.

Orang yang lebih sensitif terhadap cahaya, suatu kondisi yang dikenal sebagai fotofobia bisa sangat rentan terhadap migrain yang dipicu oleh sinar matahari atau cahaya terang.

Dokter mengatakan bahwa mata kita ini diposisikan sedemikian rupa untuk membantu menghindari cedera, tapi masih rentan terkena silau cahaya.

Mata terletak tersembunyi di dalam orbit okular di bawah tulang alis, posisi ini hanya membantu melindungi sebagian dari cahaya terang, termasuk sinar matahari. Namun, mata Anda masih memiliki beberapa mekanisme pertahanan terhadap cahaya.

"Mata memiliki dua mekanisme pertahanan alami terhadap cahaya, penyempitan pupil dan refleks menyipitkan mata, yang keduanya dirancang untuk meminimalkan penetrasi sinar cahaya ke mata," jelasnya.

Tapi, pertahana ini seringkali tidak cukup untuk melindungi mata dari sinar matahari. Hal inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala.

"Sakit kepala terjadi karena meningkatnya ketegangan cahaya tampak pada mata," katanya.

Kedua, refleks menyipitkan mata dapat menyebabkan ketegangan saraf dan jaringan kulit kepala yang berlebihan sehingga memperburuk sakit kepala.

Ia juga menjelaskan bahwa sinar matahari yang kuat yang disertai dengan cuaca panas dapat membuat Sakit Kepala semakin parah jika Anda mengalami dehidrasi.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah