Hal Sederhana Namun yang Perlu Diperhatikan Saat Menyimpan Telur

Jumat 06 Mei 2022, 14:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Telur merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Sebagian besar orang pasti menyimpan telur sebagai persediaan makanan darurat, karena telur merupakan salah satu bahan makanan yang praktis untuk dimasak menjadi bermacam-macam menu.

Meskipun begitu, mungkin sebagian besar belum mengetahui ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan telur.

Nah berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan telur menurut Layanan Keamanan dan Inspeksi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), seperti dikutip oleh tempo.co dari Real Simple.

Baca Juga :

Perhatikan Penyimpanan di Toko saat Anda Membeli Telur

photoIlustrasi Telu - (Freepik)</span

Saat berbelanja telur, pastikan telur yang disimpan dengan benar di toko. Telur disimpan di bagian berpendingin di toko bahan makanan karena bakteri apapun yang ada dalam telur dapat berkembang biak dengan cepat pada suhu kamar tetapi kecil kemungkinan untuk berkembang biak jika dalam suhu dingin. 

Selanjutnya, usahakan untuk memilih telur Grade A atau AA dengan cangkang yang bersih dan tidak pecah. Saat membeli produk telur, carilah wadah yang tertutup rapat.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyimpan Telur di Rumah

photoIlustrasi Telur dalam Kulkas - (Freepik)</span

1. Tidak Mendinginkan Telur Setelah Sampai di Rumah

Setelah membeli telur dari toko atau melalui jasa pengiriman, Anda perlu segera mendinginkannya, karena telur harus tetap didinginkan. 

USDA mencatat telur dingin yang ditinggalkan pada suhu kamar dapat memfasilitasi pergerakan bakteri ke dalam telur dan meningkatkan pertumbuhan bakteri, salah satunya Salmonella, yang dapat menyebabkan diare, demam, dan kram perut.

2. Tidak Mengatur Kulkas Dalam Suhu yang Tepat

Telur tidak hanya perlu didinginkan secepatnya tetapi juga perlu didinginkan pada suhu yang tepat.

Pastikan lemari es disetel pada suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah dan simpan telur di dalam kartonnya. Telur juga harus disimpan di bagian terdingin lemari es dan tidak disimpan di bagian pintu, yang cenderung lebih hangat.

3. Mencuci Telur

Mencuci telur tidak diperlukan karena bisa meningkatkan risiko kontaminasi. Lebih khusus lagi, ketika telur dicuci, airnya bisa masuk ke dalam melalui pori-pori di cangkang. 

Selain itu, tidak ada alasan untuk mencuci telur karena sudah memiliki lapisan pelindung.

4. Menggunakan Telur Retak

Bakteri dapat masuk ke telur melalui retakan pada cangkang sehingga Anda tidak boleh membeli atau memasak telur yang retak meskipun sangat kecil. 

Namun, jika melihat 1-2 telur pecah dalam perjalanan pulang dari toko, Anda masih bisa menyelamatkan isinya. 

Cukup pecahkan telur yang retak ke dalam wadah bersih, tutup rapat, simpan dalam lemari es, dan gunakan telur dalam waktu dua hari.

5. Membiarkan Telur Terlalu Lama

Meskipun Anda mungkin ingin menyiapkan semua bahan makanan jauh sebelum berniat memasaknya, pastikan Anda tidak menyimpan telur dari lemari es selama lebih dari dua jam.

6. Membekukan Telur

Ada banyak makanan yang dapat dibekukan. Tetapi membekukan telur utuh atau hanya kuningnya bukanlah hal yang disarankan. 

Membekukan telur mentah akan merusak cangkangnya sementara membekukan kuning telur mentah membuatnya tidak dapat digunakan dalam resep.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)