Light Dark

Cara Beli Tanah Virtual di Metaverse Decentraland

Inspirasi | 17 Jan 2022, 10:35 WIB
(Ilustrasi) Cara beli tanah virtual di dunia metaverse Decentraland. | via nftplazas.com

SUKABUMIUPDATE.com - Cara Beli Tanah virtual di Metaverse Decentraland lebih mudah dibandingkan membeli tanah di dunia nyata, karena prosesnya yang sederhana dan tidak ribet. 

Mungkin banyak orang yang sudah tahu, ketika membeli tanah di dunia nyata, akan ada banyak sekali tahapan yang harus dilewati. 


Advertisement

Banyak hal yang harus diperhatikan seperti memastikan status tanah yang akan dibeli, latar belakangnya, mengecek keaslian surat hak milik tanah, persiapan akta jual beli tanah dan berbagai tahapan kompleks lainnya.

Namun, bagaimana dengan tahapan atau cara membeli tanah di dunia Metaverse atau virtual?

Berbicara tentang metaverse, pasti akan erat kaitannya dengan mata uang kripto. Metaverse atau dunia virtual yang sedang dikembangkan ini sekilas tampilan ruang dimensinya mirip seperti yang ada di game.

Tetapi, Metaverse lebih daripada itu. Di dunia ini, Anda akan berperan sebagai diri Anda sendiri dalam bentuk avatar yang bisa Anda kendalikan sepenuhnya.


Advertisement

Baca Juga :

Dengan avatar tersebut, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti di dunia nyata, seperti belajar, bekerja, berinteraksi, belanja bahkan jual beli barang dapat dilakukan di dunia virtual ini.

Kabar penciptaan dunia virtual ini semakin kencang setelah Facebook memutuskan mengganti nama perusahaannya menjadi Meta. Mark Zuckerberg selaku CEO Meta mempunyai misi ambisius dalam mewujudkan dunia virtual yang digadang-gadang akan menjadi cara baru manusia melakukan aktivitas dan kegiatan di masa depan.

Namun, sebelum Mark memproklamasikan perusahaannya akan berfokus mengembangkan metaverse, sejumlah platform ternyata ada yang lebih duluan menciptakan dunia virtual dengan konsep metaverse, salah satunya yakni Decentraland.

Tentang Decentraland

photoSebuah camp ground di dunia metaverse Decentraland. - (via decentraland.org)

Melansir dari decentraland.org, Decentraland adalah sebuah dunia virtual yang berdiri di atas teknologi Blockchain Ethereum. Di dalam Decentraland, para penggunanya bisa bermain game, berinteraksi dengan pengguna lain, belanja barang dalam bentuk NFT, bahkan jual beli tanah. 

Selain itu, para pengguna Decentraland tergabung dalam sebuah komunitas bernama Decentralized Autonomour Organization atau DAO. Anggota DAO dapat berpartisipasi secara langsung guna mengembangkan dunia virtual ini. 

Berbagai objek atau barang yang ada di Decentraland berbentuk token. Ada dua jenis token yang bisa ditemukan di dunia virtual ini, yaitu LAND dan MANA. 

LAND merupakan non-fungible token (NFT) berupa kepemilikan tanah digital. Sementara MANA, merupakan mata uang kripto yang digunakan untuk melakukan transaksi barang virtual ataupun layanan yang ada di Decentraland. 

Bagaimana Decentraland Bekerja?

photoMobil virtual yang ada di dunia metaverse Decentraland. - (via decentraland.org)

Decentraland menggabungkan dunia virtual dengan teknologi Blockchain. Ada perbedaan antara Decentraland dengan game Metaverse lainnya.

Decentraland memungkinkan para pemainnya untuk mengontrol langsung aturan yang ada di dunia virtual ini, karena Decentraland berbasis DAO. 

Dengan sistem tersebut, para pemain mempunyai hak untuk melakukan voting terkait pembuatan kebijakan permainan. Misalnya, aturan tentang jenis barang yang diizinkan untuk dipakai sebagai investasi dan masih banyak aturan lainnya yang ditentukan bersama oleh para pengguna Decentraland. 

Baca Juga :

Semua barang yang ada di Decentraland, seperti makanan, pakaian, tas, masker, hingga tanah dijual dalam bentuk NFT yang disebut sebagai LAND. 

Pemain bisa menyimpan token tersebut di dompet kriptonya lalu menjualnya ke pengguna lain lewat Decentraland Marketplace.

Selain itu, para pengguna juga dapat memainkan game-game yang tersedia di Decentraland, tempat-tempat nongkrong untuk berinteraksi sesama pengguna dan masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan bersama secara virtual.

Cara Beli Tanah Virtual di Decentraland

photo(Screenshot) Lapak tanah di dunia metaverse Decentraland. - (via decentraland.org)

Salah satu hal yang membuat Decentraland istimewa yakni Anda bisa melakukan transaksi jual-beli tanah secara virtual. 

Namun tenang saja, jual beli tanah di Decentraland tidak se-ribet seperti di dunia nyata, jual beli tanah di dunia virtual jauh lebih mudah dan sederhana. 

Berikut Cara Beli Tanah virtual di Decentraland: 

Pergi ke Decentraland Marketplace

Pastikan Anda menggunakan komputer (PC atau Laptop) bukan via ponsel atau smartphone. Sebelum melakukan transaksi, Anda harus membuat akun dompet kripto di platform Metamask. 

Jika belum mempunyai akun dompet kripto di Metamask, berikut caranya:

  • Silahkan install aplikasi Metamask di laman metamask.io/download, di sini Anda bisa memilih ingin menginstall Metamask untuk Browser atau mobile. Pada tutorial ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun Metamask melalui browser Chrome.
  • Klik "Install MetaMask for Chrome", lalu Anda akan diarahkan ke laman menambahkan add-ons Chrome.
  • Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan add-ons MetaMask ke dalam Chrome.
  • Setelah selesai menginstall add-ons, Anda akan diarahkan ke tab baru dan ikuti proses selanjutnya.
  • Klik "Persiapan" lalu Anda akan diarahkan pada pilihan, jika Anda sudah mempunyai akun Metamask silahkan import data Metamask Anda dengan klik "Import Dompet". Namun, jika Anda baru membuat akun Metamask, silahkan klik "Buat Dompet".
  • Silahkan buat password untuk login di akun Metamask untuk melakukan transaksi token Ethereum.
  • Selanjutnya Anda akan diberikan kotak dialog yang berisikan dua belas frase yang nantinya akan sangat penting dan berguna untuk mengakses dompet kripto milik Anda. Simpan atau catat semua frasa ini agar tidak lupa.
  • Setelah selesai mencatat atau menyimpan frasa tersebut, klik "Saya sudah menyimpan Frasa di tempat yang aman".
  • Selamat, Anda telah berhasil membuat dompet kripto di Metamask.

Jika sudah memiliki akun di Metamask, silahkan kembali ke laman Decentraland, lalu klik menu "Marketplace" lalu scroll ke bawah dan temukan menu "Parcels and Estates" lalu klik "View All".

Di sini Anda bisa memilih banyak pilihan tanah yang bisa Anda pilih untuk dibeli.

Tentukan lokasi tanah dan pastikan tanah yang Anda beli lokasinya berada dekat dengan area yang terkenal.

Selanjutnya, jika telah memilih tanah, klik thumbnail tanah tersebut dan di sana akan ada tulisan tentang deskripsi tanah tersebut, jika ingin membelinya langsung, silahkan klik "Buy".

Anda akan diarahkan ke proses pembayaran lalu konfirmasi di dompet kripto Metamask yang tadi telah Anda buat.

Lakukan Pembayaran

photo(Ilustrasi) Mata uang MANA dalam dunia metaverse Decentraland. - (via academy.binance.com)

Di halaman pembayaran, silahkan hubungkan dompet kripto Anda dengan akun Decentraland untuk melakukan pembayaran. Tanah virtual yang sudah Anda bayar akan dikirim ke dompet digital dalam bentuk NFT. 

Selain Metamask, ada beberapa dompet kripto yang bisa digunakan juga seperti Trust Walet dan lainnya. Asalkan, dompet tersebut dapat menerima pembelian aset Eth atau Ethereum yang nantinya ditukarkan ke MANA (mata uang di Decentraland) untuk bisa melakukan berbagai transaksi di dunia Decentraland.

Konfirmasi Pembelian

photo(Screenshot) Metamask, salah satu dompet kripto yang berfungsi menukarkan Eth ke MANA untuk transaksi di dunia metaverse Decentraland. - (via metamask.io)

Jika Anda sudah menyelesaikan proses transaksi, LAND atau tanah yang Anda beli akan berada di dalam dompet digital Anda. 

Silahkan cek apakah tanah yang Anda beli sudah ada di dompet digital Anda atau belum, pada menu di Metamask, pilih menu "NFTs".

Harga Tanah di Decentraland Semakin Naik

photo(Screenshot) Daftar harga-harga tanah virtual di dunia metaverse Decentraland. - (via decentraland.org)

Sepanjang Januari 2022, harga sebidang tanah virtual di Decentraland telah mencapai 4.288 MANA. Harga satu MANA setara dengan Rp 41.000, dengan kata lain 4.288 MANA setara dengan Rp 175.808.000. 

Sejauh ini, tanah virtual termahal yang ada di Decentraland telah berhasil terjual dengan harga 618.000 MANA atau setara dengan Rp 25 miliar.

Demikian Cara Beli Tanah virtual di Metaverse Decentraland. Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi tanah virtual di Decentraland? 

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur