Light Dark

Uang Apa yang Akan Digunakan di Dunia Metaverse?

Keuangan | 12 Jan 2022, 18:27 WIB
(Ilustrasi) Mata uang digital di dunia metaverse | via vecteezy.com

SUKABUMIUPDATE.com - Metaverse yang akan menduplikat dunia nyata turut serta membawa perputaran ekonomi di dalamnya. Lalu, jika ada sebuah roda bisnis terjadi di dunia virtual tersebut, jenis uang apa yang akan digunakan?

Memang tak bisa dipungkiri, Metaverse akan menjadi sebuah ladang bisnis masa depan, dimana setiap transaksi terjadi secara pesat antar individu, kelompok maupun lembaga.


Advertisement

Kripto Menjadi Opsi Utama untuk Transaksi di Metaverse

photo(Ilustrasi) Koin kripto yang akan digunakan di dalam metaverse - (via vecteezy.com)

Dilansir dari Venture Beat, banyak pengamat yang meyakini bahwa aset kripto akan menjadi jenis uang atau alat transaksi utama yang digunakan di dunia metaverse. 

Kripto memiliki kelebihan yang disebut desentralisasi yang mengusung teknologi blockchain di dalamnya. Artinya, perputaran uang atau transaksi di dalam blockchain tidak akan diintervensi oleh satu pihak atau biasanya di dalam dunia nyata, uang akan diatur oleh lembaga keuangan global maupun di negara masing-masing di bawah pemerintah.


Advertisement

Baca Juga :

Sifatnya yang transparan menjadi alasan kuat bagi para investor untuk memilih kripto sebagai alat transaksi atau mata uang digital dibandingkan uang cetak (kertas atau koin, red) yang sifatnya diatur oleh sebuah regulasi dan birokrasi.

Kripto akan berperan vital dalam aspek transaksi di dunia virtual terutama di metaverse. Tidak mungkin transaksi digital akan menggunakan uang kertas atau koin untuk menunjang setiap kegiatan jual beli di dalam dunia virtual, karena proses transaksi akan berjalan lambat serta rumit. 

Disrupsi Kripto Terhadap Uang Cetak atau Kertas

photo(Ilustrasi) Mata uang kripto - (via indianaexpress.com)

Dengan hadirnya teknologi blockchain, setiap transaksi kripto akan tercatat secara rapi dan aman. Inilah yang disukai oleh para visioner bisnis tentang blockchain maupun kripto, karena mereka membutuhkan fasilitas atau alat penunjang yang cepat dan cerdas di masa mendatang.

Jika suatu saat nanti, kondisi dunia akan semakin terdigitalisasi dan Anda mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di metaverse, tentunya Anda membutuhkan revolusi infrastruktur pembayaran yang dapat menunjang hal tersebut.

Kripto hadir dan berperan sebagai puncak fungsional di segala bentuk kegiatan transaksi jual beli yang terjadi di dunia virtual. 

Sejumlah platform game bertema metaverse telah membuktikan efektivitas kripto dan blockchain seperti SandBox, Axie Infinity dan Decentraland

Baca Juga :

Platform game tersebut telah menciptakan bahkan menggunakan token aslinya sendiri sebagai mata uang atau alat transaksi jual beli di Metaverse mereka masing-masing.

Para pengamat melihat keberadaan kripto dan blockchain di dalam dunia game Metaverse tersebut telah berjalan lancar dan dapat dikatakan berhasil. 

Bahkan, ada sebuah perputaran ekonomi yang kuat serta berkembang seiring berjalannya waktu.

Bisa jadi, keberadaan Metaverse akan sepaket dengan kripto, blockchain serta teknologi digital lainnya sebagai penunjang dunia virtual di masa depan.

Koleksi Video Lainnya:

Sukses, Lesti Kejora dan Rizky Billar Geluti Bisnis Ini!

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur