Evaluasi Sekolah Tatap Muka di Sukabumi, Pelajar dan Guru Jalani Tes Covid-19

Sabtu 06 November 2021, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah provinsi Jawa Barat atau Pemprov Jabar mengirim tim untuk memantau pelaksanaan PTM (pendidikan tatap muka) SMA dan SMK di Kabupaten Sukabumi. Sekolah tatap muka sempat jadi perhatian publik, karena acara joget massa pelajar SMAN 1 Cisolok saat Kabupaten Sukabumi masih menerapkan PPKM level 3.

Sejak Kamis lalu, tim dari Satpol PP Jabar dikirim ke Kabupaten Sukabumi untuk memantau pelaksanaan PTM khususnya penegakan protokol kesehatan. Didampingi jajaran satpol PP Kabupaten Sukabumi operasi patroli pengawasan dan penindakan( Wasdak) terhadap pelanggaran protokol kesehatan dilakukan.

Kabid Linmas ketua tim Praja 1 Satpol PP Jabar S. Rahman disamping Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi Dody Rukman Meidianto mengatakan sejak Kamis (4/11/2021) melakukan pemantauan penerapan prokes di sekolah yang ada di wilayah Palabuhanratu.

"Hari Kamis dan Jumat, fokus PTM, ada beberapa sekolah yang kami datangi bagaimana penerapan prokes pada saat siswa masuk, belajar dan kepulangan sekolah, untuk kemarin relatif sudah bagus, sarana dan prasarana juga dari sekolah sudah bagus, satgas juga sudah ada," jelasnya. 

Tak cukup memantau prokes, tim ini juga melakukan rapid test covid-19 bagi kalangan guru dan siswa di Kabupaten Sukabumi. "Tidak hanya itu, kemarin juga kita rapid test di SMA 1 Palabuhanratu dan SMK Doa bangsa dari 128 orang yang di sampel baik siswa maupun guru semuanya negatif," sambungnya. 

photoTim gabubangan satpolpp Jabar dan Kabupaten Sukabumi wasdak di lokasi wisata - (istimewa)</span

Masih kata S. Rahman dalam kegiatan yang dilaksanakan di sekolah sekolah ada beberapa temuan. Masih ada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker saat mengantarkan anaknya ke sekolah. "Ada beberapa pengantar sekolah yang ditemukan masih tidak menggunakan masker, pas anak anaknya turun baru mereka langsung pake masker, memang tingkat kesadaran masyarakat harus kita tingkatkan bersama, mau gak mau pandemi ini harus menjadi endemi," terangnya. 

Hari ini, Minggu (6/11/2021) tim gabungan ini melakukan wasdak prokes dalam aturan PPKM di daerah wisata. "Iya hari ini kita fokus, melaksanakan Wasdak di daerah tujuan wisata, seperti Citepus RTH, Citepus Istana Presiden, dan pantai Karanghawu," ujarnya. 

Baca Juga :

Lanjut S. Rahman, kegiatan berlanjut hingga malam hari nanti menyisir cafe atau tempat nongkrong di daerah wilayah pantai Batu Bintang, Desa Jayanti dimana juga masih ada beberapa orang yang tidak menggunakan masker, beberapa fasilitas, cafe yang belum membatasi pengunjung.

"Harusnya kan pengunjung di batasi di level 3 ini harusnya 50 persen, setidaknya ada tanda sehingga pengunjung bisa membatasi dirinya," bebernya. 

"Untuk sanksi kita saat ini hanya memberi himbauan kepada masyarakat dan pelaku usaha, mudah mudahan tidak sampai ditindak ini harus sadar bersama, ini operasi akan kita lakukan secara continue , tidak hanya dari tim provinsi nanti akan dilanjutkan dari tim satpol pp kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)