Jago Hadapi Hewan Buas, Kisah Mbah Durak dan Benda Pusaka di Teluk Ciletuh Sukabumi

Rabu 23 Juni 2021, 11:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bukan hanya dikenal sebagai orang pertama yang datang ke kawasan Teluk Ciletuh di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Mbah Durak juga disebut meninggalkan sejumlah benda pusaka seperti keris dan gobang. Sementara dalam seni budaya, ia meninggalkan buncis dan gondang.

Menurut cerita yang terus dipelihara warga setempat, Mbah Durak juga dikenal dengan kemampuannya menaklukan hewan buas dan ahli kadugalan berupa ilmu untuk berkelahi. Salah satu keturunannya, Abdulloh (40 tahun) mengaku pernah melihat benda pusaka berupa keris dan gobang yang saat itu dipelihara kakek-neneknya.

"Bahkan dari keterangan nenek bahwa ada satu keris yang dijuluki Si Jalak. Dari ceritanya keris tersebut mampu memadamkan api yang membakar hutan Cikalong. Tidak tahu persis benda pusaka tersebut berada di mana saat ini," katanya, Selasa, 22 Juni 2021.

Berdasarkan cerita orang tuanya, kata Abdulloh, Mbah Durak memang memiliki berbagai ilmu, baik kabeujikan maupun kadugalan. "Itu terbukti saat masih ada cucu-cucu Mbah Durak, di mana mereka ada yang punya ilmu tersebut," ucap Abdulloh. "Beberapa kesenian seperti buncis dan gondang sekarang masih dilestarikan dan tersebar di Pajampangan," tambah dia.

Selain kisah Mbak Durak, Abdulloh juga menyebut ada perantau dari Makassar yang bermukim di Kampung Cikalong, bernama Mbah Bugis. "Keturunannya sekarang berada di Kampung Cigadok Desa Mekarsakti," terangnya. "Buyut-buyutnya sekarang masih ada yakni orang tua kami, paling tua usianya 80 tahun dan di antaranya ada juga yang memiliki keahlian dalam mengobati lemah syahwat," ucapnya.

Baca Juga :

Sebelumnya diceritakan Teluk Ciletuh di Kecamatan Ciemas adalah penyangga utama keberadaan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark atau CPUGGp. Mbah Durak disebut-sebut sebagai orang pertama yang datang ke kawasan itu, membangun permukiman dan lahan pertanian, hingga makam tuanya dijadikan salah satu cagar budaya oleh CPUGGp.

Konon katanya, Mbah Durak memilih nama Cikalong untuk permukiman pertama yang berdiri di kawasan tersebut. Nama kampung Cikalong hingga kini masih dilestarikan, berada di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Mbah Durak sendiri disebut sebagai keturunan kerajaan Galuh Cirebon yang mengembara ke pantai selatan, datang bersama sejumlah saudaranya membuka hutan belantara menjadi lahan pertanian dan permukiman di wilayah tersebut.

Keturunannya hingga kini masih berada di Kampung Cikalong, merawat Makam Mbah Durak yang berada di pinggir jalan Kabupaten ruas Nyomplong-Citiis.

Ulasan lebih lengkap soal Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark dapat dibaca di sini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)