Lima Gedung Prioritas di Bukit Algoritma Sukabumi, Ada Juga Tower BUMDes

Selasa 13 April 2021, 10:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko mengatakan tower Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK pengembangan teknologi dan industri 4.0 atau Silicon Valley di Cikidang dan Cibadak Kabupaten Sukabumi alias Bukit Algoritma.

Rencana tersebut telah tertuang dalam formulir proyek yang dikembangkan PT Amarta Karya bersama PT Kiniku Bintang Raya dan PT Bintang Raya Loka Lestari.

"Perusahaan-perusahaan menengah dan BUMDes-BUMDes akan didorong masuk ke Silicon Valley Sukabumi. Akan ada investor kapitalistik murni dari global dan nasional, tapi juga ada BUMDes, jadi rakyat desa kami kasih tempat," ujar Budiman dilansir dari Tempo, Selasa, 13 April 2021.

Menurutnya, masing-masing lantai di tower BUMDes ini akan mewakili salah satu provinsi. Di dalamnya, badan usaha milik desa bisa mengembangkan riset yang berkaitan dengan produk teknologi pertanian, perikanan, perkebunan, dan pertambangan.

Baca Juga :

Tanggapi Pembangunan Bukit Algoritma di Cikidang Sukabumi, Bupati: Karpet Merah

Selain tower BUMDes, pengembang bakal memprioritaskan lima pembangunan gedung utama di kawasan tersebut. Gedung pertama ialah pusat untuk riset skala lanjutan atau advanced research yang mencakup pengembangan teknologi quantum dan kecerdasan buatan.

Kedua, pusat untuk pembuatan teknologi nano. Ketiga, pusat untuk bioteknologi dan neuroscience. Lalu keempat, pusat untuk pengembangan riset energy storage. Selanjutnya, kelima ialah pusat untuk pengembangan perusahaan semi-conductor. Budiman mengatakan sudah ada perusahaan nasional yang minat bergabung mengembangkan kendaraan listrik untuk desa.

photoSilicon Valley di Amerika Serikat - (Global Strategic Innovation)

Silicon Valley Sukabumi ini akan dibangun di lahan seluas 888 hektare. Proyek ini terbagi menjadi tiga tahap dengan masa pengerjaan tiga tahun untuk fase pertama, tiga tahun untuk fase kedua, dan lima tahun untuk fase ketiga.

Pembangunan proyek pada fase pertama akan merampungkan kawasan seluas 353 hektare. Rencananya, groundbreaking atau pelatakan batu pertama digelar pada Mei mendatang. Proyek ini membutuhkan investasi sebesar Rp 18 triliun pada tahap pertama.

Nilai tersebut dapat ditingkatkan sesuai dengan pengembangan ekosistem value chain yang akan dikerjakan secara bertahap. Budiman mengklaim sudah ada satu negara dari Amerika Utara yang berkomitmen menjadi pemodal.

Untuk desainnya, Budiman melanjutkan, pembangunan Bukit Algoritma Sukabumi ini akan mengadaptasi konsep Silicon Valley di California dan Silicon Fen di Cambridge. "Kawasan industri itu kami inginkan jadi semacam kampus," ujar Budiman.

Dia memastikan pihaknya belum menunjuk arsitek untuk pengembangan kawasan Silicon Valley Sukabumi atau Bukit Algoritma. Detail desain kawasan itu akan diserahkan kepada PT Amarta Karya sebagai Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)