Light Dark

Diskusi 4 Pilar Kebangsaan dengan Pelajar Sukabumi, Lina: Anak Muda Kritis

Jawa Barat | 16 Mar 2021, 10:00 WIB
Bersama pelajar SMAN 1 Nagrak Sukabumi, Lina Ruslinawati Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan | ARDI

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Gerindra Lina Ruslinawati bersama Camat, Kapolsek Danramil Nagrak menggelar Sosialisasi 4 pilar kebangsaan bersama pelajar. Sosialisasi berlangsung hari ini, Selasa (16/3/2021) di Bukit Nagrak Indah Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. 

Peserta sosialisasi yang dilakukan dengan protokol kesehatan ini adalah para pelajar SMAN 1 Nagrak. Diskusi dengan generasi muda penerus bangsa ini cukup seru, 32 pelajar silih berganti bertanya dan menanggapi materi dari empat pilar kebangsaan.


Advertisement

Baca Juga :

Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi II DPRD Jabar ini menyinggung tentang pentingnya Pancasila bagi Indonesia. Sebab, Pancasila adalah ideologi yang mampu merekatkan bangsa untuk tetap bersatu.

Dikatakan Lina, sejak usia muda sangat perlu mengenal dan menggali Bhineka Tunggal Ika. Akan sangat baik memiliki banyak teman dari berbagai suku, mulai dari Jawa, Sunda, Sumatra, Kalimantan, Papua  dan lainnya. 


Advertisement

photoAnggota DPRD Jabar Lina Rusliawati sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama Camat,Kapolsek dan Danramil Nagrak Sukabumi - (ARDI)

"Kita mengerti perbedaan termasuk soal keyakinan jangan sampai perbedaan ini menjadi perpecahan. Justru keberagaman yang kita miliki merupakan kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia," ujarnya kepada sukabumiupdate.com usai acara.

Dalam kegiatan tersebut Lina juga sangat mengapresiasi murid SMAN 1 Nagrak yang kritis dilihat melemparkan pertanyaan dan tanggapan saat berdiskusi. Ini penting karena sosialisasi empat pilar menjadi ajang pengenalan wawasan kebangsaan. 

Baca Juga :

"Jangan sampai mereka terpapar budaya luar yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia," sambung Lina.

"Yang terpenting itu mengamalkannya, banyak yang hafal tentang Pancasila tetapi mengamalkannya sering kita lupa," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Camat Nagrak Heri Soekarno bersama Kapolsek  Iptu Teddy Armayadi dan Danramil Nagrak Kapten Uus Sugianto ikut memberi sumbang saran soal wawasan kebangsaan.

Mengutip dari berbagai sumber, 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. 

Konsep Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara terdiri dari: Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur