Light Dark

Menjelajah Goa Landak, Potensi Wisata yang Sebelumnya Terkubur di Ciracap Sukabumi

Travel | 13 Feb 2021, 06:15 WIB
Goa landak yang berada di Kampung Ciguha Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. | Ragil gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Namanya Goa Landak, berada di Kampung Ciguha Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Goa yang menyimpan potensi geologi ini tengah  dipersiapkan warga untuk menjadi objek wisata.

Dinamakan begitu karena para sesepuh itu menyebut goa tersebut jadi sarang binatang terutama, Landak. "Tempat itu, dijadikan sarang binatang, namun paling banyak ditemukan landak," ujar pemilik lahan Jeje (40 tahun) alamat Kampung Ciguha RT 02/01 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap kepada sukabumiupdate.com, Sabtu  (13/2/2021).

BACA JUGA: Menyusuri Goa Baduy di Cimanggu Sukabumi, Di Dalamnya Ada Sungai dan Tiga Danau Eksotis

Saat ini warga sedang melakukan pengerukan di bagian mulut goa akibat terkubur tanah. Diperkirakan goa ini memiliki panjang 70 meter dan lebar permukaan 12 meter. "Untuk saat ini, yang bisa dilewati baru 30 meter," jelasnya.

Pemandangan di dalam goa landak.

Menurut Jeje di dalam goa itu banyak bebatuan yang unik yang diperkirakan akan menjadi daya tarik dari goa tersebut. Nantinya di sekitar goa itu akan dibangun wisata wahana air di lahan depan goa itu. "Seiring dengan pembukaan untuk lahan wisata wahana air, goa ini pun mulai ditata," ungkapnya.

Baca Juga :

Goa ini mulai pupuler karena menjadi lokasi penemuan vosil diduga gigi hiu purba (megalodon) atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan gigi gelap. Baru-baru ini, tim dari museum geologi Bandung juga tengah meneliti bebatuan yang diduga vosil hewan laut purba yang ditemukan di lokasi tersebut.

Pemkab Sukabumi memberi perhatian khusus. Bahkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyempatkan untuk menyusuri goa tersebut. 

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur