Light Dark

Target Kota Sukabumi di Sektor Ekonomi Kreatif: Melesat

Pemerintahan | 10 Dec 2020, 05:50 WIB
Sosialisasi Creative Center dan Diskusi Kelompok Terumpun Penyusunan Peta Jalan Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi 2021-2025 di Hotel Balcony, Rabu (9/12/2020). | Humas Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah terus mendorong agar Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi terus melesat. Lalu di sisi lain yang juga penting adalah perencanaan supaya jelas tanggungjawab masing-masing pihak yang terlibat dalam memperkuat sektor Ekonomi Kreatif itu.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri Sosialisasi Creative Center dan Diskusi Kelompok Terumpun Penyusunan Peta Jalan Ekonomi Kreatif Kota Sukabumi 2021-2025 di Hotel Balcony, Rabu (9/12/2020). Kegiatan tersebut dalam rangka mendesain perencanaan pembangunan Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi agar terus melesat.


Advertisement

BACA JUGA: Strategi Pemkot Sukabumi Agar Ekonomi Kreatif Kembali Bergeliat di Tengah Pandemi

Fahmi mengatakan, melalui kegiatan ini bagaimana mendorong Kota Sukabumi memiliki perencanaan pengembangan Ekonomi Kreatif dalam beberapa tahun ke depan. Upaya ini agar tidak terjadi tumpang tindih yakni siapa melakukan apa dan yang tanggungjawab sesuai perannya.

"Targetnya Kota Sukabumi melesat dari sisi ekonomi kreatif," kata Fahmi. Terlebih di Kota Sukabumi sudah hadir SCH dan sesuai rencana pada 2021 akan ada bangunan fisik sebagai center kreatif yakni pusat pergerakan ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Danakitri 2020 Dirilis, Stimulan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi


Advertisement

Kegiatan sosialisasi Creative Center dan Diskusi Kelompok Terumpun Penyusunan Peta Jalan Ekonomi Kreatif ini digagas Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Sukabumi Creative Hub (SCH), dan melibatkan tim kreasi Jabar. 

Fahmi mengatakan, Ekonomi Kreatif perlu diperkuat karena tidak terbatas ruang dan waktu. ''Menyadari benar saat ini semua terdampak pandemi dan salah satu cara untuk membangkitkannya pemerintah mencanangkan perkuatan Ekonomi Kreatif karena tidak terbatas ruang dan waktu,'' ujar Fahmi.

BACA JUGA: Lukisan Song For Sukabumi Mengalun di Bandung, Fahmi: Ekonomi Kreatif Bikin Bangga

Dalam sektor ini, Pemkot ingin mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan percepatan akselerasi aktivasi Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi. Hal ini harus didukung dengan data yang jelas terkait potensi Ekonomi Kreatif baik SDM, kreasi, produksi dan pasar serta konservasinya.

Dengan SCH, harapannya berbagai potensi Ekonomi Kreatif yang jadi ciri khas Sukabumi semakin berkembang seperti musik, kuliner, dan lain sebagainya. Melalui aktivasi ini mudah-mudahan jadi momen pergerakan Ekonomi Kreatif di Sukabumi.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Sumber : HUMAS KOTA SUKABUMI

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter