Tour De Wijnkoopsbaai, Menyusuri Tempat-tempat Bersejarah Palabuhanratu Sukabumi

Minggu 18 September 2022, 10:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Palabuhanratu merupakan kota pelabuhan di Selatan Kabupaten Sukabumi yang saat ini menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten yang kini menginjak usia ke-152.

Palabuhanratu diketahui memiliki sejarah panjang bahkan peradaban disana sudah berkembang dari sebelum Kota Sukabumi ada.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat sejarah yang sekaligus Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah.

“Peradaban Palabuhanratu sudah jauh berkembang sebelum Kota Sukabumi ada,” tulis Irman di akun sosial pribadi miliknya.

Baca Juga :

Lebih lanjut Irman menjelaskan jika mendengar Uga Siliwangi saat Pajajaran runtag (bubar) 500 tahun yang lalu, Prabu Siliwangi menganjurkan sebagian rakyat Pajajaran yang setia untuk pergi ke selatan ke wilayah Halimun Palabuhanratu.

Karena memang dari sisi arkeologis, di wilayah tersebut sudah adanya masyarakat berperadaban megalitikum yang tersebar di sekitar pegunungan halimun seperti Citorek, Cibedug, Cengkuk, Pangguyangan dan lain-lain.

Bahkan ditemukan pula Lukisan purba tentang anatomi manusia di Karang Hawu dan Citapen yang menunjukan sudah berperadaban tinggi pada jamannya.

Bahkan salah seorang sejarawan menyebutkan sudah ada asimilasi manusia dengan bangsa asing yaitu bangsa Arya dari wilayah pegunungan Venj Iran yang lari karena diserang pasukan Mongol dan berlabuh di Palabuhanratu.

Konon dalam pantun-pantun kuno Bogor, Palabuhanratu ini dianggap sebagai titik awal kejayaan baru masyarakat Sunda Pajajaran yang ditandai dengan kemunculan Ratu Tujuh atau Ratu Adil dari Palabuhanratu.

photoTour menyusuri sejarah Palabuhanratu dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada disana lewat acara yang bertajuk ‘Tour De Wijnkoopsbaai’. - (Istimewa)</span

Untuk lebih mengenal sejarah dari Palabuhanratu, hari ini Minggu, 18 September 2022 diadakan tour menyusuri sejarah Palabuhanratu dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada disana lewat acara yang bertajuk ‘Tour De Wijnkoopsbaai’.

Acara itu digagas oleh Disbudpora Kabupaten Sukabumi yang bekerja sama dengan Yayasan Dapuran Kipahare dan MASATA (Masyarakat Sadar Wisata), untuk memperingati hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke 152 tahun.

Dalam acara tersebut, peserta akan diajak berkeliling untuk diperkenalkan pada sejarah beberapa tempat di Palabuhanratu seperti, sejarah administrasi Kota Palabuhanratu, sejarah jembatan Bagbagan, Kampung Benteng, PLTU/Vlieg Terrein, Goa Lalay, Pos TNI AL/Pelita Air, Gado Bangkong, sejarah Tenjoresmi, serta akan diceritakan tentang legenda terkenal Nyi Roro Kidul.

Meeting Tour Sejarah akan dilakukan di Pendopo mengingat lokasi ini merupakan pusat tata kota awal masa lalu yang dibangun di masa Daendels selain juga membangun dermaga Gado Bangkong yang dulu disebut Wijnkoopsbaai Haven.

Pendopo yang awalnya sebagai tempat pemberhentian kuda pos dan tempat peristirahat rombongan gerobak kopi maupun sebagai titik tolak kilometer yang dulu disebut Paal, kemudian berkembang menjadi tempat menerima tamu kepala distrik atau wedana.

Sekarang berubah menjadi pendopo Kabupaten. Sementara alun-alun berkonsep macapat adalah centrum atau pusat bertemunya pupuhu dan masyarakat.

Baca Juga :

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).