Light Dark

4 Bacaan Doa Taubat Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Gaya Hidup | 12 Aug 2022, 20:30 WIB
(Ilustasi) Bacaan Doa Taubat Sesuai Ajaran Rasulullah SAW | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi umat muslim yang pernah melakukan dosa diwajibkan untuk meminta ampunan atas kesalahan yang telah di perbuatan ke pada Allah SWT dengan bertaubat, tapi mungkin sebagian umat muslim ada yang belum mengetahui bacaan Doa Taubat itu sendiri.

Oleh karena itu, simak ulasan beberapa bacaan Doa Taubat berikut ini. Sebelumnya kita akan jelaskan apa pengertian dari kata taubat itu sendiri.


Advertisement

Kata taubat berasal dari bahasa Arab yang berarti pulang (al-ruju) dan kembali (al-audah). Maksud dari taubat adalah pulang kepada Allah SWT dengan menyesali dan tidak mengulangi dosa yang telah diperbuat. 

photo(Ilustrasi) Membaca Doa - (Freepik)

Ketika seseorang telah berdosa, hendaknya ia segera bertaubat. Karena setiap umat muslim diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertaubat dan memperbaiki segala kesalahan sebelum dirinya meninggal dunia.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat At-Taubat ayat 104 yang memiliki arti: “Tidakkah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima taubat hamba-hamba-Nya dan menerima zakat(nya), dan bahwa Allah Maha Penerima taubat, Maha Penyayang?”. (QS. at-Taubah: 104).


Advertisement

Untuk mengetahui Doa Taubat yang mudah dipahami beserta artinya, simak ulasannya di bawah ini yang melansir dari Suara.com:

Baca Juga :

1. Doa Taubat oleh Rasulullah SAW

"Astaghfirullaahal 'azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, wa atubu ilaih."

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya." (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim)

2. Doa Taubat Pendek 

"Rabbighfir lii wa tub 'alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim.”

Artinya: "Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari)

3. Doa Taubat Pendek Rasulullah SAW saat mengajarkan kepada Abu Bakar Ash-Shiddiq

"Allaahumma innii zholamtu nafsi zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min 'indika, warhamni, innaka antal ghofuurur-rahim."

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (HR. Bukhari no. 834 dan Muslim no. 2705)

4. Doa Taubat Rasulullah SAW Sebelum Wafat

"Subhaanaka wa bihamdik. Astaghfiruka wa atuubu ilaik."

Artinya: "Maha Suci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertaubat kepada -Mu."

Itulah empat bacaan Doa Taubat beserta artinya yang bisa menjadi pedoman untuk kamu. Semoga kita senantiasa diberikan perlindungan dari seluruh perbuatan tercela dan ampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | MUHAMMAD ZUHDI HIDAYAT

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah