Light Dark

4 Cara Mengobati Luka Bakar Ringan, Jangan Oleskan Pasta Gigi!

Sehat | 12 Aug 2022, 10:00 WIB
(Ilustrasi) 4 Cara Mengobati Luka Bakar Ringan, Jangan Oleskan Pasta Gigi | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Luka Bakar dapat dialami oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Bahkan saat melakukan berbagai kegiatan di rumah pun Anda berpotensi mengalami Luka bakar, contoh sederhananya saat memasak atau menyetrika baju.

Hal itulah yang membuat Anda wajib mengetahui bagaimana Cara Mengobati luka bakar yang bisa menimpa Anda kapan saja.


Advertisement

Anda juga mungkin pernah mendengar Cara Mengobati luka bakar dengan menggunakan pasta gigi atau mentega pernah Anda coba. 

photo(Ilustrasi) Luka Bakar - (Champlainvalleylaw.com.)

Namun pada kenyataannya, kedua cara ini bukan cara yang tepat untuk mengatasi Luka bakar. Berikut beberapa Cara Mengobati luka bakar dengan tepat yang melansir dari suara.com.

Baca Juga :


Advertisement

1. Aliri dengan Air

Cara mengobati Luka Bakar yang pertama adalah dengan mengalirinya dengan air bersuhu ruangan. 

Cara ini bisa jadi salah satu pertolongan pertama yang diberikan, untuk membersihkan Luka Bakar dari risidu yang mungkin menyebabkan infeksi. 

Aliri Luka Bakar dengan air bersuhu ruangan beberapa menit hingga rasa panas di kulit berkurang.

2. Jangan Pecahkah Luka yang Melepuh

Kedua, pastikan untuk tidak memecahkan Luka yang melepuh. Luka yang melepuh sebaiknya diberikan gel pelembab untuk mendinginkan luka. 

Jika lepuhan pada Luka pecah dengan sendirinya, cuci dengan air bersih, dan lapisi dengan penutup Luka antimikroba.

3. Menutup Luka

Gunakan penutup Luka yang lembut dan halus, dan jangan dibebat terlalu ketat. Menutup Luka Bakar yang terjadi ditujukan untuk membantu proses penyembuhan dan mencegah infeksi karena bakteri yang mungkin masuk ke bagian luar.

4. Konsumsi Obat Jika Diperlukan

Jenis obat pereda nyeri bisa digunakan jika memang diperlukan. Akan lebih baik jika konsumsi obat ini berdasarkan rekomendasi dokter, sehingga dosisnya tidak berlebihan dan tetap dapat memberikan efek maksimal pada Luka Bakar yang dialami.

Beberapa hal di atas bisa dilakukan ketika Luka Bakar yang dialami tidak terlalu berat dan masih cukup kecil untuk diatasi sendiri di rumah.

Namun ketika Luka Bakar cukup besar, cukup dalam hingga mengenai tulang, atau berubah menjadi hitam, sangat direkomendasikan segera menemui dokter untuk memastikan keadaan.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Cara Mengobati luka bakar yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat, dan jangan ragu mendatangi dokter kepercayaan Anda untuk membantu mengatasi Luka Bakar yang dialami.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | I MADE RENDIKA ARDIAN

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah