Light Dark

4 Cara Membersihkan Telinga yang Benar, Jangan Gunakan Cotton Bud

Sehat | 08 Aug 2022, 01:00 WIB
(Ilustrasi) Cotton bud atau korek kuping kerap digunakan untuk membersihkan telinga, padahal benda ini kurang tepat jika digunakan | Freepik.com/fongbeerredhot

SUKABUMIUPDATE.com - Cotton bud atau korek kuping kerap digunakan untuk membersihkan telinga, padahal benda ini kurang tepat jika digunakan untuk membersihkan telinga.

Penggunaan Cotton bud dinilai malah akan memicu kotoran semakin masuk ke dalam telinga.


Advertisement

Lantas, bagaimana cara membersihkan Telinga yang tepat?

Melansir dari Suara.com, sebelum itu, kotoran Telinga sebetulnya tidak akan menyebabkan gangguan apabila jumlahnya tidak berlebihan.

Baca Juga :


Advertisement

Nah, jika terlalu banyak, kotoran Telinga bisa menyumbat telinga, menyebabkan nyeri, hingga gangguan pendengaran. Adapun cara tepat membersihkan Telinga bisa kamu temukan selengkapnya pada poin-poin di bawah ini.

photoIlustrasi Kotoran Telinga - (Freepik)

1. Minyak zaitun

Earwax yang menumpuk bisa membuat Telinga menjadi kering. Untuk mengatasinya, melembabkan bagian dalam Telinga dengan memakai minyak zaitun atau baby oil. Cukup teteskan beberapa kali ke Telinga dan tunggu sekitar lima menit.

Pemakaian minyak zaitun jarang memicu alergi atau iritasi. Namun, membutuhkan waktu lama untuk earwax yang mengeras menjadi lunak lalu keluar dengan sendirinya. Maka, pastikan melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

2. Obat tetes

Penggunaan obat tetes Telinga merupakan salah satu cara yang mampu mengeluarkan kotoran. Meski begitu, cara pakainya bukan hanya sekadar diteteskan. Pastikan cairan obat benar-benar masuk hingga ke dalam saluran telinga, agar manfaat yang diterima lebih efektif.

Pilih beberapa jenis obat tetes telinga, seperti hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Obat ini seringkali dijual bebas di apotek. Pastikan membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan.

Baca Juga :

Jika kamu memiliki kulit sensitif dan riwayat kelainan pada telinga, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, guna menghindari timbulnya iritasi.

3. Gunakan air hangat

Terakhir, jika kamu tidak memiliki riwayat gangguan telinga, ada baiknya membersihkan Telinga secara rutin dengan menggunakan kain Bersih yang sudah dicelup air hangat. 

Pastikan tidak terlalu dalam saat membersihkan Telinga karena dapat menimbulkan risiko, seperti cedera atau infeksi.

4. Minta dibersihkan oleh Dokter

Apabila kotoran Telinga sudah menumpuk dan sulit dikeluarkan, cobalah pergi ke dokter. Biasanya, dokter akan memakai alat khusus untuk mengeluarkan kotoran Telinga atau menggunakan alat sedot.

Langkah lain yang seringkali dianjurkan oleh dokter, yaitu prosedur irigasi telinga. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengalirkan air hangat untuk mengeluarkan kotoran telinga.

Jika kotoran Telinga terus-terusan menumpuk, dokter akan memberikan cara membersihkan Telinga memakai obat-obatan, seperti peroksida karbamid yang penggunaannya harus sesuai anjuran dokter.

SUMBER: SUARA.COM/Xandra Junia Indriasti

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran