Light Dark

Bulu Mata Terlalu Panjang Ternyata Bisa Bikin Mata Kering, Ini Penjelasannya

Kecantikan | 26 Jul 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi Bulu Mata Terlalu Panjang Ternyata Bisa Bikin Mata Kering, Ini Penjelasannya | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Di zaman sekarang ini banyak orang yang menginginkan Bulu Mata yang pajang dan lentik. Bahkan banyak yang melakukan berbagai perawatan agar bulu matanya tetap cetar.

Tapi ternyata Bulu Mata yang terlalu panjang tidak bagus untuk kesehatan mata.


Advertisement

photoIlustrasi Bulu Mata Panjang - (Freepik)

Melansir dari tempo.co, dokter Mata bersertifikat, Diane Hilal-Campo mengatakan Bulu Mata memang penting untuk menjaga kotoran dan debu dari mata.

Baca Juga :

Selain itu, penelitian menunjukkan jika Bulu Mata juga dapat menjaga Mata tetap terhidrasi. Menurut sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Royal Society Interface, Bulu Mata membantu mengalihkan angin dari permukaan mata sehingga jumlah aliran udara yang tepat dapat masuk.


Advertisement

Tentu saja, faktor-faktor lain dapat sepenuhnya mempengaruhi Mata kering, tetapi tanpa rambut-rambut itu menghalangi angin Mata mungkin menjadi lebih rentan terhadap kekeringan. Dan dengan kekeringan itu muncul rasa gatal, kabur, dan lainnya.

Konon, menjaga Bulu Mata Anda tetap penuh dan sehat sangat penting, tetapi jika Anda memiliki Bulu Mata yang terlalu panjang, Hilal-Campo mengatakan Mata Anda dapat dengan mudah mengalami masalah diatas.

Bulu Mata panjang yang tidak wajar dapat menciptakan efek terowongan angin yang menghilangkan kelembapan mata, menyebabkan kekeringan pada mata, dan kenyamanan yang kurang optimal.

Penelitian mendukungnya, dalam studi tahun 2015 yang sama menemukan bahwa panjang Bulu Mata terbaik adalah sepertiga lebar Mata sehingga Bulu Mata benar-benar mulai mengalirkan udara dan partikel debu ke dalam bola.

photoIlustrasi Memasang Bulu Mata - (Freepik)

Pada dasarnya, Bulu Mata yang lebih panjang tidak selalu lebih baik.

Hal ini tidak berarti Anda harus mengabaikan semua tujuan panjang Bulu Mata dan membuang serum pertumbuhan yang mengandung peptida. 

Kesehatan Bulu Mata tetap menjadi prioritas utama di sini, itu merupakan ide yang baik untuk melapisi rambut-rambut kecil itu dengan kelembapan.

Hilal-Campo hanya menyarankan untuk mempertimbangkan pemakaian Bulu Mata palsu, untuk menghindari efek terowongan angin itu.

Namun, tentu saja, Anda juga harus membersihkan Bulu Mata palsu tersebut setiap hari untuk menghindari kotoran yang menumpuk.

Akan tetapi penggunaan Bulu Mata terlalu sering juga tidak baik, karena lem yang terus-menerus dioleskan ke garis Bulu Mata dapat menyebabkan iritasi bahkan bisa menyebabkan kerontokan bulu mata.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | MIND BODY GREEN

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah