Light Dark

Miliki Banyak Manfaat, Inilah Efek Samping Memakai Retinol pada Kulit Wajah

Kecantikan | 18 Jul 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Miliki Banyak Manfaat, Inilah Efek Samping Memakai Retinol pada Kulit Wajah | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kandungan Retinol pada perawatan Wajah selama ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Namun ternyata, pemakaian Retinol juga dapat menimbulkan berbagai Efek Samping lho.

Oleh karenanya, perlu pemahaman mengenai efek sampingnya sebelum mengaplikasikan salah satu skincare tersebut pada Kulit wajah.


Advertisement

Melansir dari suara.com, Retinol merupakan turunan dari vitamin A, khususnya berasal dari kelompok retinoid. Sebagai salah satu ‘aktor utama’ pada produk anti penuaan, Retinol juga memiliki manfaat untuk merangsang produksi kolagen. 

Tidak hanya itu, Retinol juga berperan dalam mempercepat proses regenerasi (pembaruan) sel-sel kulit, serta bisa menjadikan tekstur Kulit lebih halus.

Bagi para pemula, penggunaan Retinol harus dilakukan dengan hati-hati. Hal tersebut dikarenakan kandungan Retinol cukup memiliki Efek Samping yang buruk jika penggunaannya tidak tepat. 

Pemakaian Retinol yang kurang tepat bisa menyebabkan iritasi, dan Kulit terasa kering. 


Advertisement

Agar bisa menghindari Efek Samping tersebut, berikut Suara.com rangkum beberapa Efek Samping menggunakan Retinol pada kulit.

Baca Juga :

1. Dapat Menyebabkan Iritasi

photoIlustrasi irtasi Kulit - (Freepik)

Salah satu Efek Samping penggunaan Retinol pada Kulit yaitu munculnya iritasi pada wajah.

Pada dasarnya Retinol melatih Kulit untuk beregenerasi lebih cepat, sehingga pada awal-awal penggunaan retinol, Kulit harus melakukan adaptasi. 

Pada awal penggunaan, Retinol biasanya bisa menyebabkan Kulit kering, mengelupas, dan menyebabkan peradangan pada kulit. 

2. Kulit Wajah Menjadi Kemerahan

photoIlustrasi Kulit Wajah Menjadi Kemerahan - (IST)

Efek samping lain penggunaan Retinol adalah memicu Kulit wajah alami kemerahan. Biasanya, pada bulan pertama penggunaan Retinol bisa menyebabkan Kulit menjadi lebih sensitif. 

Tanda-tanda yang biasanya muncul yaitu kemerahan pada wajah. Oleh karenanya, para pengguna harus bisa menyesuaikan produk perawatan Kulit atau skincare dengan kondisi Kulit yang sensitif.

3. Akan Lebih Sensitif Pada Cahaya Matahari

photoIlustrasi Akan Lebih Sensitif Pada Cahaya Matahari - (Freepik)

Penggunaan Retinol pada Kulit juga bisa menyebabkan Kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari. 

Hal tersebut karena cara kerja Retinol membuang sel Kulit wajah yang kusam dan merangsang pertumbuhan sel Kulit baru.

Saat Retinol membuang sel Kulit wajah yang kusam dan merangsang pertumbuhan sel Kulit wajah yang lama, maka Kulit yang masih baru di lapisan bawahnya akan dengan mudah terekspos dan terbakar sinar matahari.

Oleh karenanya, diharuskan untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi Kulit wajah dari bahaya sinar matahari. 

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | SYIFA KHOERUNNISA

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah