Light Dark

Wanita Harus Tahu, Inilah Dampak Buruk Jika Lupa Hapus Makeup Sebelum Tidur

Kecantikan | 19 Jul 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi Wanita Harus Tahu, Inilah Dampak Buruk Jika Lupa Hapus Makeup Sebelum Tidur | Freepik

SUKABUMIUPDTE.com - Sebagian dari kaum hawa ada saja yang lupa menghapus Makeup sebelum Tidur karena kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian. Hingga akhirnya Tidur dengan kondisi riasan masih menempel pada wajah.

Hal tersebut tentu saja tidak baik, karena akan memperburuk kondisi kulit seperti jerawat atau eksim. Riasan juga menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat. 


Advertisement

Melansir dari tempo.co, menghapus riasan sebelum Tidur sangat penting untuk menciptakan lapisan yang bersih sebelum menerapkan produk perawatan kulit lainnya seperti serum dan krim malam. 

Selain itu, penting untuk menghapus riasan sebelum Tidur di malam hari untuk mencegah pori-pori tersumbat dan iritasi.

Jika riasan berpindah ke sarung bantal, residu ini dapat menyebabkan jerawat jika sarung bantal tidak dicuci secara teratur.

Meskipun akan selalu ada malam-malam di mana tubuh terlalu lelah untuk menghapus riasan, jika itu menjadi kebiasaan dan rutinitas seperti menyikat gigi, maka akan cenderung lupa.


Advertisement

Pastikan untuk berkomitmen pada rutinitas perawatan kulit malam hari yang menghilangkan penumpukan, minyak, kotoran, bakteri, dan riasan sejak hari itu.

Saat membangun rutinitas perawatan kulit, ada beberapa langkah penting yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga :

1. Pembersih

Membersihkan wajah adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit karena membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lain yang tidak diinginkan.

Sepanjang hari, kulit wajah terus-menerus tertutup oleh bakteri, polutan, kotoran, dan sel-sel kulit tua (mati).

Formula yang tepat membersihkan kulit tanpa menghilangkan minyak esensial yang sehat dan bervariasi berdasarkan jenis kulit.

Bagi mereka yang memakai banyak riasan, mungkin yang terbaik adalah mempertimbangkan pembersihan ganda, menggunakan pembersih berbasis minyak diikuti dengan pembersih berbasis air tradisional. 

Untuk kulit berminyak, pilih pembersih gel atau busa membantu memecah kotoran dan sebum berlebih dari pori-pori. 

Untuk kulit kering, pembersih krim atau lotion yang diformulasikan dengan emolien seperti gliserin atau shea butter akan membantu menghidrasi kulit sambil membersihkan kotoran. Sementara, untuk kulit sensitif, cukup cuci muka sekali sehari pada malam hari untuk membersihkan kulit dari penumpukan harian.

Mungkin juga baik untuk menghindari wewangian yang berat. 

Semua jenis kulit akan bagus menggunakan micellar water karena melakukan pembersihan yang lembut dan efektif, dapat digunakan sendiri atau bagian dari rutinitas pembersihan ganda dua langkah.

2. Toner

photoIlustrasi Toner - (Freepik)

Toner harus dilakukan setelah pembersihan dan sebelum memakai apa pun. Toner memberikan suntikan nutrisi ekstra, membantu produk lain dalam rejimen menyerap lebih baik, sambil tetap menyeimbangkan pH kulit. 

3. Pelembab

photoIlustrasi Memnggunakan Pelembab - (Freepik)

Pelembab melembapkan dan melembutkan kulit. Menggunakannya secara teratur sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit dapat mencegah kulit menjadi kering.

Ini sangat penting setelah pembersihan untuk membantu mempertahankan kelembapan dan mencegah hilangnya kelembapan lebih lanjut.

4. Eksfoliasi

photoIlustrasi Eksfoliasi - (Freepik)

Pengelupasan membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus dengan menggosok dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Tidak perlu melakukan eksfoliasi kulit lebih dari dua kali seminggu. 

5. Masker

photoIlustrasi Masker  - (Freepik)

Masker wajah akan jadi tambahan yang bagus dalam setiap rutinitas perawatan kulit untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu. 

Masker dapat membantu menghidrasi kulit, menghilangkan minyak berlebih, dan membantu memperbaiki tampilan pori-pori, sambil relaksasi seperti spa di rumah. 

Jenis masker yang tepat tergantung pada kondisi kulit. 

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | SHE FINDS

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah